Pendidikan Politik Warga Gereja Perkuat Kesejahteraan Umat

Namlea, sinodegpm.org – Masih dalam suasana perayaan HUT 86 GPM, MPH Sinode melalui Departemen Pemberdayaan Teologi dan Pembinaan Umat, Biro Kemitraan Laki-laki dan Perempuan melaksanakan “Kegiatan Pelatihan Penguatan Kapasitas Pemilih Perempuan dan Laki-Laki GPM Dalam Kehidupan Politik”, di Jemaat GPM Waepoti, Klasis GPM Buru Utara pada 8–9 September 2021, untuk Klasis GPM Buru Utara dan Klasis Buru Selatan. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Keputusan Sidang ke 38 Sinode GPM tahun 2021.

Dalam acara pembukaan, Ketua Klasis GPM Buru Utara, Pdt. Wendhel Lesbassa, M.Th  menyampaikan ucapan selamat datang kepada MPH Sinode dan rombangan yang telah tiba di Pulau Buru Klasis Buru Utara dan di Jemaat GPM Waepoti. MPK Buru Utara menyambut berharap kegiatan ini menjadi cara gereja mematangkan warganya dalam bidang politik.

Wakil Ketua I Majelis Pekerja Harian Sinode GPM, Pdt. Lenny Bakarbessy/Rangkoratat dalam arahan pembukaan menekankan pentingnya memperkuat peran politik Gereja adalah amanat Pola induk Pelayanan dan Rencana Induk Pengembangan Pelayanan (PIP-RIPP) GPM dasawarsa 2016-2025 dimana GPM telah menegaskan sikapnya yang melihat politik sebagai bagian integral dari realitas bergereja, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

GPM telah menetapkan strategi Pengembangan Pelayanan jangka Panjang dengan salah satu Tujuan yaitu Memperkuat Peran Politik GPM Dalam Kehidupan Berdemokrasi, dengan 2 Sasaran, diantaranya; Peran Profetis GPM dalam bidang politik semakin berkembang serta Meningkatnya partisipasi politik warga GPM.

Harapannya, kegiatan ini dapat mematangkan kecerdasan politik dan demokrasi laki-laki dan perempuan GPM dan juga memberi cara pandang baru tentang hak dan tanggungjawab politik Warga gereja untuk mengupayakan terciptanya keseimbangan dan tertib sosial, serta terpenuhinya prinsip-prinsi keadilan dan kebenaran dalam penyelenggaraan pemerintahan pada semua jenjang, dan menjadi kekuatan untuk mensejahterakan masyarakat.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan narasumber dan materi antara lain; Pendeta Ny. Lenny Bakarbessy/R, S.Th, Wakil Ketua 1 Sinode GPM – Perspektif Teologi Gereja Tentang Politik, dan Pendasaran Teologi tentang Politik dan Peran penting warga gereja dalam ikut menghadirkan politik yang demokratis dan berkualitas.

Bpk. Munir Soamole, SH, Ketua KPUD Kabupaten Buru – Dinamika Politik di Buru serta Langkah-langkah praksis mengawal demokrasi di Kabupaten Buru dan Tantangan politik yang demokratis di Buru

Bpk. Drs. Victor S. Ruhunlela, M.Si, Dosen Fakultas Sosial Politik di Universitas Pattimura – Diskursus politik dan demokrasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi Kelompok untuk memetakan isu-isu politik dan menentukan rencana tindak lanjut.

 

Sumber

Previous Pengobatan Gratis Jelang MPL Sinode, Novita Anakotta Beri Bantuan Alat Kesehatan

Leave Your Comment