Resmi Sandang Gelar Doktor, Pendeta Dr. R. Rahabeat Capai Predikat Sangat Memuaskan

Ambon, sinodegpm.org, – Hari ini Pendeta Rudolf Rahabeat menyelesaikan pendidikannya pada jenjang S3 Antropologi dan telah dinyatakan lulus oleh Universitas Indonesia dengan predikat sangat memusakan, serta resmi sandang gelar akademik, Pendeta Dr. R. Rahabeat.

Secara singkat, perjalanan pendidikan yang ditempuh oleh Pendeta R. Rahabeat dimulai pada tahun 2014, Ia diterima di Universitas Indonesia Jurusan Ilmu Antopologi. “selama dua tahun menjalani tatap muka untuk mengambil teori, sisanya penelitian lapangan,” imbuhnya.

“Bidang Antropologi diambil karena beta merasa bahwa gereja juga butuh belajar ilmu sosial, tidak hanya belajar ilmu teologi, karena dengan ilmu antropologi kita dapat belajar kebudayaan secara lebih baik. Dari situ kita dapat berteologi secara kontekstual,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi Ia menuturkan “beta juga mendalami isu tentang lintas etnis, karena GPM sudah lama berproses dengan isu agama. Oleh kerna itu beta merasa perlu ada satu study yang serius, dari situ baru mendapat peta bagaimana membangun hubungan antar etnis, antar suku di Indonesia, khususnya di Ambon.

Selanjutnya, Pendeta menyampaikan harapan terhadap penyelesaian study S3. “Saya memiliki tanggungjawab secara akademik untuk membagi ilmu selama study S3. Salah satu caranya saya ingin terus menulis tema-tema kebudayaan, kemudian melalui gereja memperkenalkan pendekatan-pendekatan antropologi, supaya kedepan gereja semakin kaya pendekatan ilmunya, tidak hanya teologi tetapi juga ilmu-ilmu yang lain,” tukasnya.

Turut hadir dan menyaksikan secara Live Zoom, Pendeta E.T Maspaitella selaku Ketua MPH Sinode GPM dan menyampaikan ucapan terima kasih. “Kami ucapkan selamat kepada Universitas Indonesia sebagai kampus yang menjaga Nasionalisme Indonesia, dan telah melahirkan para ilmuan yang sudah berkarya banyak di masyarakat bahkan juga di dunia. Bagi kami GPM, hari ini UI telah menambah refrensi ilmuan di bidang antropologi, suatu bidang yang membantu kami di Maluku untuk memperkuat hubungan antar Umat dengan relasi etnisitas. Pendeta E. T Maspaitella mengatakan, Pendeta R. Rahabeat adalah seorang pelajar yang tekun dan juga suka melawan tantangan, “ tuturnya”

“Kami ucapkan selamat kepada Pendeta Dr. R. Rahabeat yang juga telah dipercayakan GPM sebagai Wakil Sekretaris Umum MPH Sinode GPM untuk capaian akademik ini.”Imbuhnya. [MCGPM-6]

 

Sumber

Previous Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Klasis GPM Masohi

Leave Your Comment