Sosialisai Kurikulum dan Buku Ajar PFG kepada Sekretaris Bidang PTPU seGPM

Ambon,sinodegpm.org – Selasa, 29 Juni 2021, kegiatan Sosialisai Kurikulum dan Buku Ajar PFG kepada Sekretaris Bidang PTPU seGPM yang di motori oleh Biro A,R&K Sinode GPM. Berlangsung selama 29-30 Juni di Gedung Serbaguna Jemaat Bethania.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pdt. Leny Bakarbessy/Rakoratat selaku Wakil Ketua I MPH Sinode, Sekretaris Departemen PTPU Pdt. Nova Mailoa/Nahussona, Kepala Biro Anak Remaja dan Kateketsasi Pdt. Ross Talabessy/Parera, Kepala Biro Pemuda Pdt. Richard Resley, Kepala Biro Kemitraan Pdt. Beatrix Soumeru/Orno, Komisi Anak Remaja Kateketsasi GPM, Sekbid PTPU seGPM, dan Tim PFG perwakilan klasis-klasis.

Kegiatan diawali dengan kebaktian pembukaan sosialisasi yang dipimpin oleh Pdt. Adrie Mailuhu, yang berlangsung dalam Gedung Gereja Bethania.

Kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Pdt. Bakarbessy selaku Wakil Ketua I MPH Sinode. Dalam sambutannya Pdt. Bakarbessy menjelaskan kurikulum inti dan buku ajar Pendidikan Formal Gereja (PFG) adalah instrumen pendidikan Kristiani dalam sistem Pembinaan Umat untuk menata Pendidikan dan Pembinaan Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil (SMTP) dan Kateketsasi.

Dalam sejarah, telah lama kurikulum dan buku ajar digunakan sebagai bagian dari proses Pendidikan dan Pembinaan namun mencermati perkembangan dan perubahan yang begitu cepat, untuk itu maka dilakukan proses penyempurnaan buku ajar dan dievaluasi serta disesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan.

“Saya mencatat, bahwa sejak menjadi pimpinan klasis, Jemaat-Jemaat dan juga Klasis-Klasis dalam sidang Gerejawi selalu melakukan perencanaan program untuk penggunaan Kurikulum dan Buku Ajar yang baru, tapi juga itu menjadi pergumulan yang tidak gampang” ungkap Pdt. Bakarbessy. Ia menambahkan, namun sekarang buku ajar yang dikerjakan dari tahun 2017 sudah rangkum dan siap diimplementasikan.”

Untuk itu perlu sekali kegiatan sosialisasi kepada Sekretaris Bidang PTPU di masing-masing Klasis agar dapat proaktiv dalam menggerakan pelaksanaan PFG di Jemaat-Jemaat bersama deng Warga Gereja dan Perangkat Pelayan. Diharapkan supaya PFG menjadi wadah pembentukan generasi Gereja masa depan yang handal untuk melakoni misi GPM dengan seluruh kelengkapan rohani dan kematangan sosialnya.

Mengakhiri sambutannya, Pdt. Bakarbessy mewakili MPH Sinode memberikan apresiasi kepada Tim Penulis Inti dan Buku Ajar atas seluruh dedikasinya yang juga telah menjadi sumbangan berarti dan berharga bagi GPM.

 

Sumber

Previous Ketika Letusan Gamalama dan Gempa Bumi Goncang Ternate

Leave Your Comment