Pendidikan Politik Bukan Sekedar Untuk Momentum Pilkada, Pileg atau Pilpres

Ternate, sinodegpm.org – Bertempat di Gedung Gogaro (serbaguna milik Jemaat GPM Imanuel Ternate) digelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Pemilih Perempuan dan Laki-laki Gereja. Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 9-10 Juni 2021 ini difasiltasi oleh Biro Kemitraan Sinode GPM ini melibatkan peserta dari empat Klasis di Wilayah Maluku Utara yakni, Klasis Ternate, Klasis Sula Taliabu, Klasis Bacan dan Klasis Obi. Hadir sebagai narasumber pelatihan yang berlangsung di pusat Klasis Koordinator Maluku Utara yakni Pdt. Max Takaria, M.Si (Wakil Direktur Balitbang GPM), Bapak Kifli Shalan (Ketua Bawaslu Kota Ternate) dan Bapak Asghar Saleh (Praktisi Politik dan Aktivis LSM Rorano Maluku Utara)

Mengawali kegiatan Pelatihan lebih dahulu dijelaskan alur proses oleh Kepala Biro Kemitraan Sinode GPM, Pdt. Beatrix Orno Soumeru. Menurut Pdt. Beatrix Orno Soumeru pelatihan ini tidak bertujuan semata-mata untuk kepentingan momentum pilkada/pileg dan pilpres. Namun kegiatan ini diadakan oleh GPM dengan tujuan besar yakni :  meningkatkan kapasitas dan peran profeti GPM dalam bidang politik dari waktu ke waktu semaki berkembang, menghilangka atau mengurangi angka Golput warga gereja dalam berbagai perhelatan politik di Maluku dan Maluku Utara, selain itu, jumlah kontribusi gereja di berbagai jenjang dalam bentuk pemikiran serta gagasan politik dapat terus meningkat jumlah dan kualitasnya.

Kepada peserta pelatihan, Pdt. Beatrix Orno Soumeru berharap peserta pelatihan ini bisa memiliki pemahaman yang baik tentang realitas politik dan demokrasi, dapat menentukan pilihan politik sesuai nalar dan kesadaran demokratis yang bertanggung jawab, dapat mengawal proses-proses demokrasi dan pemilihan umum agar berjalan secara juju, adil, demokratis, damai, manusiawi dan beradab. Selain daripada itu, sebagai tindaklanjut, Kepala Biro Kemitraan berharap para pelayan di tingkat klasis yang datang dari empat klasis ini dapat melanjutkan program pendidikan politik ke jemaat-jemaat dan para peserta dalam pelatihan ini dapat berperan di klasis masing-masing agar visi besar GPM dibidang politik yang diharapkan gereja bisa dan semakin lebih baik dari waktu ke waktu.

——

Penulis

Pdt. A. Kofit – Ketua Klasis Bacan

 

Sumber

Previous Anugerah Ohoijang Mengantarkan Yelim Kepada Umat Katolik Ohoijang

Leave Your Comment