Kolaborasi GPM dan Pemkab MBD Tingkatkan Ketahanan Ekonomi Daerah

Ambon, sinodegpm.org – Usai dilantik, Bupati Maluku Barat Daya (MBD) Benyamin Th. Noach, S.T bersama dengan Wakil Bupati Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, mengunjungi kantor Sinode GPM pada Kamis, (29/4). “Kami ingin berkunjung ke Sinode GPM”. Ucap Benyamin Noach. “Kami menyampaikan terimakasih karena MPH Sinode GPM berkenan dapat menerima kami yang baru saja dilantik” tambah Bupati. Kunjungan ini juga sekaligus menjadi harapan agar dapat bersinegri bersama Sinode GPM dalam mewujudkan pembangunan disegala bidang.

Setiap pemimpin yang terlahir dari proses demokrasi rakyat tentu akan kami dukung untuk berjalan bersama pemkab MBD disampaikan langsung oleh Pdt. Elifas Tomix Maspaitella selaku Ketua Sinode yang juga didampingi oleh Sekum (Pdt. S. I. Sapulete), Wasekum (Pdt. R. Rahabeat), Wakil Ketua I (Pdt. L. Bakarbessy) dan Anggota MPH (Pdt. N. Souisa). Komitmen ini disampaikan langsung oleh Maspaitella saat menerima kunjungan Bupati dan Wakil Bupati MBD di ruang kerjanya. Maspaitella juga menyampaikan harapnnya terhadap Bupati dan Wakil Bupati MBD ; “Berproses bersama sampai selesai sebagai mitra, agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat.”

Sebagai langkah awal, Benyamin Noach selaku Bupati, melihat adanya sumber daya manusia yang ada di Sinode GPM untuk dapat bersinergi bersama GPM melalui unit kerja Media Center GPM, saya sudah berkordinasi dengan Pdt. Maryo Manjaruni selaku Ketua Media Center GPM untuk melakukan pembaharuan atau pengembangan terhadap system data di MBD, yang meliputi data penduduk, data orang miskin, Bantuan-bantuan sosial dan layanan publik seperti pembuatan KTP, data kesehatan dan Pendidikan, dll, akan digarap berbasis Web untuk menjawab Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga data dapat dikendalikan satu pintu secara real time, sebab  berawal dari data yang benar, berkualitas, dan akurat akan mendukung proses perencanaan pembangunan daerah, dan terjadinya efisiensi, ungkap Noach.

Noach juga memaparkan beberapa program pengembangan yang akan dilakukan dibidang Infrastruktur, Pertanian, dan Peternakan. Terkait hasil alam, Benyamin menyampaikan bahwa warga MBD bisa mengolah namun terbatas dengan alat.

Menanggapi hal diatas, Maspaitella menyampaikan GPM siap bersinergi dengan pemerintah untuk upaya pemberdayaan masyarakat. “Presiden umumkan kabupaten tertinggal, ada 6 Kabupaten di Maluku, 2 di Maluku Utara dan semua merupakan bagian dari GPM. Kita rancang dan bersinegri bersama untuk hal ini. Fokus kita untuk sumber pangan lokal sebagai simbol ketahanan ekonomi daerah” ungkap Maspaitella. Hal ini yang mau di dorong agar masyarakat kita berdaya secara ekonomi, melalui potensi mereka.

Dalam kesempatan ini, Bupati ungkap realitas kondisi kehidupan di MBD. Benyamin mengatakan, “di MBD dalam realitas listrik juga masi menjadi pekerjaan rumah dan trasportasi antar pulau satu ke pulau yang lain juga menjadi kendala, memang saat ini tarnsportasi sudah ada, namun harus menunggu berhari-hari, jika menunggu berhari bahkan seminggu menjadi kendala soal waktu dan efesiensi kerja. Kalau listrik dan transportasi lancar tentu akan mendukung produktifitas pangan lokal dalam kaitan pemasaran antar pulau di MBD untuk peningkatan ekonomi rakyat.

Ketahanan pengan lokal harus diimplementasi karena itu budidaya hasil alam, transportasi antar pulau, kelistrikan harus dibenahi, setidaknya dapat meningkatkan mobilitas laju pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal ini didukung oleh Elifas Maspaitella dengan harapan tetap menghidupkan ciri dan budaya khas dari MBD.

Dalam diskusi, Bupati ungkap harapannya terkait peningkatan pendidikan di MBD. Berdasarkan realita yang terjadi, hanya SD neg’ri yang diperhatikan oleh Pemerintah. Oleh sebab itu Bupati mengusulkan agar sekolah Yayasan GPM yang ada di MBD dijadikan sebagai Sekolah Neg’ri. Hal ini juga dapat mendorong perkembangan dari siswa dan juga guru. Benyamin Noach juga menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten siap mendukung. Menanggapi hal ini Elifas Maspaitella selaku Ketua Sinode GPM menjelaskan, GPM akan melakukan pengembangan sekolah-sekolah Yayasan, setidaknya ada satu yang menghasilkan ‘Sekolah Model”, serta menghasilkan satu sekolah model, menjadi target pencapaian Sinode GPM kedepannya.

 

Sumber

Previous Ketua Sinode GPM : Doa Untuk NTT

Leave Your Comment