Home / Jemaat Maneoratu

Jemaat Maneoratu

Number of View: 0

Dilihat dari latar belakang sejarah masuknya Injil di Maneoratu, maka anggota jemaat GPM Maneoratu yang pertama berawal dari Maneo rendah ke Maneoratu, yang membawa Jemaat ini smapai terbentuk yaitu Bpk. Welem Tamala ( Samaz ). Pada tanggal 25 januari 1953 Jemaat Gpm maneoratu berkembang lagi dan pada tahun 1953-1954 masuk Pdt. Sihanenia. Masa Jabatan sebagai Resor Klasis Telutih, yang pada tahun itu pusat Klasis masih di Amahai, Klasis Seram Timur. Dan pada tahun itu Pdt Sihanenia mengutus guru David walaluhun untuk melayani di Jemaat Maneoratu.

Kemudian pada tahun 1954 Pdt. Yakob Ilela bertugas untuk menjadi Ketua Majelis Jemaat GPM Maneoratu, Beliau bertugas selama satu tahun yaitu dari tahun 1954-1955. Beliau kembali ke Resor Klasis Telutih ( Lafa ), dan pada tahun 1955 pergantian pendeta oleh Bpk. Fredek Rehena yang memimpin Jemaat GPM maneoratu dengan jabatan sebagai Organik Jemaat. Beliau bertugas selama dua tahun dari tahun 1955-1957. Dan pindah ke Jemaat Sabuai kemudian digantikan dengan Pnt. Salmon Masauna dan kemudian pindah dan digantikan oleh Pnt. Buce bersama Emus ( saudaranya ). Setelah satu bulan berjalan masuk Pdt, Yunus Taihitu, Beliau bertugas di Jemaat GPM Maneoratu selama 1 tahun, teritung dari tahun 1964-1965, Beliau di tugas dan di pindahkan kemudian diganti dengan Pdt . Tonci Tohowain.

Beliau bertugas selama empat tahun, mulai dari tahun 1965-1969, kemudian digantikan oleh Pdt.Latumahina, selama lima tahun mulai dari 1969-1974, dan kemudian digantikan oleh Penginjil Konstantinus Uniwaly, Beliau bertugas selama lima tahun, terhitung dari 1974-1979. Kemudian digantikan dengan Pdt. Wempi Padakla. Beliau bertugas selama sepuluh tahun. Dalam masa tugasnya terjadi Konflik antar umat ber-Agama hingga Jemaat GPM Maneoratu mengungsi ke Seram Utara selama Lima tahun Delapan bulan sampai kembali ke Jemaat asal GPM Maneoratu. Selama satu bulan masuk Pdt. Petrus Likliwatil, masa tugas Beliau selama 7 tahun, terhitung dari tahun2002-2009. Dalam masa tugasnya gedung Gereja Maneoratu di bangun kembali. Dan di resmikan pada tanggal 5 april 2009 Gedung Gereja EXODUS.

Kemudian beliau pindah ke Jemaat GPM Ulahahan, dan digantikan dengan Pdt. Yakob soisa,Beliau bertugas berkisar tiga tahun, kemudian Beliau digantikan Oleh Pdt. Ny Elka Amanupunyo/Telussa. Beliau bertugas dengan baik sampai saat ini, dan dalam masa tugasnya telah di bangun dan di Resmikan Pagar Gereja dan Toreng Gereja.

340 total views, 1 views today