Hari Doa Anak Sedunia Di Kaiwatu

Number of View: 0

Zivijo! (Jiv-ee-o/Halo-dalam Bahasa Slovene).

Bulan Maret tiap tahunnya, terutama pada minggu pertama setiap orang Kristen di seluruh dunia merayakan Hari Doa Sedunia. Lahirnya Hari Doa Sedunia merupakan bagian dari pergumulan oikumenis gereja untuk menyikapi kenyataan memprihatinkan yang sementara terjadi di berbagai belahan dunia. Bagi anak-anak, Hari Doa Sedunia adalah gerakan oikoumene yang diharapkan dapat membentuk kepribadian anak agar mencintai dan menghargai kepelbagaian global dalam kehidupan gereja.

Anak-anak dapat mengenal dan meningkatkan kepekaan terhadap saudara serta teman yang hidup di berbagai negara di dunia ini. Tentunya, dilakukan secara kreatif dan menyenangkan agar anak-anak juga lebih memahami kehidupan yang berlangsung di suatu negara secara umum, tetapi juga bagaimana keberadaan saudara dan teman mereka di negara tersebut.

Oleh karena itu Hari Doa Sedunia bagi anak-anak juga menjadi kesempatan untuk meningkatkan kreatifitas dalam imajinasi bersama tentang bagaimana mereka dapat merasakan kehidupan yang serupa dengan saudara dan teman mereka di negara lain. Hari Doa Sedunia Anak tahun 2019 disiapkan oleh Tim HDS dari Negara Slovenia, sehingga anak-anak di negara lain termasuk di Indonesia dapat mengenal lebih jauh tentang berbagai informasi dari negara Slovenia.

Begitu pula dengan anak-anak di Kaiwatu yang terpisah jarak, ruang dan waktu sangat jauh dengan saudara serta teman mereka di Slovenia. Walaupun demikian, tidaklah menyurutkan antusiasme anak-anak serta pengasuh SMTPI Jemaat GPM Kaiwatu untuk mempersiapkan kegiatan Hari Doa Sedunia Anak tahun 2019. Dalam kurun waktu satu minggu, pengasuh bersama anak-anak melakukan latihan agar menguasai peran masing-masing dalam perayaan HDSA yang terselenggara pada hari Minggu, 03 Maret 2019.

Anak-anak yang dilibatkan meliputi anak Inria sampai Remaja dan perannya pun beragam, Ada yang dilatih menyanyi dengan gerakan hingga bermain peran. Dalam peran liturgis juga dilakukan anak-anak seperti doa dan baca alkitab, doa persembahan dan pengumpul kolekte.

Dalam Ibadah HDSA Tahun 2019, penyampaian firman dilakukan secara teatrikal yaitu anak-anak kembali memainkan peran untuk menceritakan tentang kisah perumpamaan dari Injil Lukas 14:15-24. Kisah perumpamaan ini sesuai dengan tema HDSA tahun ini, yaitu : Marilah-Segala Sesuatu Telah Tersedia.

Sebelum memulai Ibadah HDSA, dua orang anak dengan busana layaknya anak-anak Slovenia terlebih dahulu menyapa teman-teman mereka dengan sapaan dalam Bahasa Slovene (Bahasa resmi Slovenia), serta memperkenalkan negaranya dengan menceritakan dimana letak dan luas negara Slovenia, berapa jumlah penduduknya, siapa presiden mereka dan bagaimana pemerintahan disana, apa makan khas dan hasil apa saja yang terdapat di negara mereka, bagaimana pendidikan yang berlangsung di Slovenia. Kedua anak itupun memotivasi teman-teman mereka di Kaiwatu agar lebih berprestasi sehingga suatu saat nanti dapat mengunjungi negara Slovenia.

Ada satu kemiripan hasil alam antara Slovenia dengan wilayah Letti Moa Lakor yaitu sama-sama menjadi wilayah penghasil madu terbaik. Dengan memperkenalkan kemiripan seperti ini, anak-anak diharapkan dapat lebih tertarik untuk mengenal kehidupan di negara Slovenia.

Ibadah HDSA di Jemaat GPM Kaiwatu berlangsung semarak walaupun dilaksanakan dalam nuansa kesederhanaan. Semua anak dan pengasuh serta Majelis Jemaat larut dalam kebersamaan dan penuh semangat mengikuti setiap rangkaian kegiatan dalam ibadah tersebut. Dalam doa syafaat, anak-anak Kaiwatu bersama-sama mendoakan kehidupan anak-anak di Maluku, Indonesia, Slovenia bahkan di berbagai belahan dunia agar dapat hidup damai, berprestasi, bahagia dan memiliki masa depan yang baik. Ada harapan agar Hari Doa Sedunia Anak selanjutnya bisa semakin kreatif dan lebih imajinatif lagi. Selamat merayakan Hari Doa Sedunia Anak bagi saudara dan teman di seluruh dunia, Hvala (ucap : vala/terima kasih-dalam Bahasa Slovene).

Penulis : Pdt. Ny. H. Joltuwu – Ruhulessin, M.Th – Pendeta Jemaat Kaiwatu

148 total views, 7 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com