Gandeng GPM, Sinode GPI Papua Bangun Pelayanan Berbasis IT

Number of View: 0

[Sinodegpm.Org] – Gereja Protestan Indonesia (GPI) Papua merupakan Gereja yang terlahir dari rahim Gereja Protestan Maluku (GPM) melalui gumulan pelayanan gereja yang panjang.

Pdt. M. Sahulata, S.Sos [Wakil Ketua III Sinode GPI Papua] hadir di Kantor Sinode GPM [12/12/2018] dengan mengenakan kemaja khas papua dan menenteng Noken (tas daerah papua memiliki nilai identitas budaya).

Kami mau menjalin kerjasama bersama GPM untuk membangun Sistim Informasi dan Multimedia. Karena Sistim Bergereja kami mirip dengan GPM dan lebih dari itu GPM merupakan “Ibu”, tentunya akan memberikan yang terbaik, ungkap Sahulata [Wakil Ketua III Sinode GPI Papua] kepada Pdt. Elifas Tomix maspaitella, M.Si [Sekretaris Umum MPH Sinode GPM].

GPM telah merintis Media Center GPM sejak tahun 2013 yang digagas oleh Kemenkoinfo RI bersama MPH Sinode GPM masa bakti saat itu. Kemudian dilembagakan pada tahun 2016 melalui Persidangan MPL Di Buru Utara Jemaat GPM Wainibe, merujuk pada peraturan organik (PO GPM) dikatakan MC GPM adalah badan Non Departemen secara kelembagaan di GPM.

Sahulata mengetok pintu ruangan Sekretaris Umum MPH Sinode GPM seketika disambut akrab dengan ucapan lembut silahkan duduk bapa, terima kasih Bapa Wakil untuk kehadirannya, ungkap Pdt. Elifas Tomix Maspaitella, M.Si sambil menjabat tangan.

Terjadilah pembicaraan tentang IT yang telah dibangun dilingkup GPM mengalir ringan, saat itu Maspaitella memperkenalkan Pdt. M. Manjaruni, M.Cs [Kepala Media Center GPM].   Maka Sahulata diarahkan menuju ruangan MC GPM, Aula Sinode GPM, serta ruang Lobi GPM yang telah terpasang perangkat multimedia.

Perangkat multimedia tersebut menampilkan pelayanan GPM secara Visual (foto, teks, dan video) Manjaruni memperkenalkan perkembangan yang sudah dibangun oleh GPM melingkupi pengembangan Multimedia (TV Informasi dan TV Presentasi), Website Profil, hingga Sistim Informasi GPM (Manajemen Sistim Informasi Pelayanan Sinode GPM) yang mensinergikan database jemaat – klasis – hingga sinode [pegawai organik] dalam satu sistim aplikasi sehingga Sinode akan membaca data dengan mudah. 

GPM – GPI Papua membicarakan perencanaan kerjasama untuk membangun pelayanan berbasis IT di GPI Papua yang dinamis telah berlangsung dengan kesepakatan bersama MPH Sinode GPM.

Upaya merealisasikannya GPM menugaskan Media Center GPM agar dapat mendampingi Sinode GPI Papua membangun pelayanan berbasis IT antara lain ; Pembuatan Website Profil, Sistim Informasi Pelayanan online dan multimedia hingga tuntas, tegas Maspaitella.

Jika pelayanan berbasis IT telah terbangun tentunya  program pelayanan yang telah dilakukan oleh GPI Papua pada semua aras dapat dipublikasikan sebagai satu model Pekabaran Injil (PI) saat ini yang kontekstual tanpa menghilangkan nilai teologi. Karena PI berbasis IT diharapkan akan memberikan dampak positif kepada warga Jemaat yang juga aktif bersosial media.

Kehadiran IT Memang tidak bisa di tepis, ia bahkan masuk hingga ruang keagamaan. Kita akui bahwa dengan Akal Budi yang Tuhan berikan menjadikan manusia menjadi kreator, teknolog, dan teknokrat. Pada ruang pelayanan Gereja IT digunakan untuk membantu fleksibelitas pelayanan seperti pekabaran injil, administrasi serta pengarsipan berbasis digital tanpa mengabaikan kertas sebagai bahan fisik.

GPM dan GPI Papua merupakan kesatuan dalam fakta historis, tiga puluh tiga (33) tahun GPI Papua saat mandiri 25 Mei 1985 tetapi bila dihitung dari tahun 1935 di bawah naungan GPM maka GPI Papua telah delapan puluh delapan (88) tahun hidup dan berkarya. 

Saat ini secara administrasi sekalipun kelembagaan kita terpisah tetapi panggilan menjadi Gereja membuat kita selalu terhubung untuk saling membangun secara holistik, kita tidak terpisahkan sebagaimana seorang “Ibu” akan terus memberikan yang terbaik kepada “anaknya” yang telah dewasa dan melahirkan banyak karya perubahan di tanah papua.

View this post on Instagram

Gandeng GPM, Sinode GPI Papua Bangun Pelayanan Berbasis IT Gereja Protestan Indonesia (GPI) Papua merupakan Gereja yang terlahir dari rahim Gereja Protestan Maluku (GPM) melalui gumulan pelayanan gereja yang panjang. . Pdt. M. Sahulata, S.Sos [Wakil Ketua III Sinode GPI Papua] hadir di Kantor Sinode GPM [12/12/2018] dengan mengenakan kemaja khas papua dan menenteng Noken (tas daerah papua memiliki nilai identitas budaya). . Kami mau menjalin kerjasama bersama GPM untuk membangun Sistim Informasi dan Multimedia. Karena Sistim Bergereja kami mirip dengan GPM dan lebih dari itu GPM merupakan “Ibu”, tentunya akan memberikan yang terbaik, ungkap Sahulata [Wakil Ketua III Sinode GPI Papua] kepada Pdt. Elifas Tomix maspaitella, M.Si [Sekretaris Umum MPH Sinode GPM]. . GPM telah merintis Media Center GPM sejak tahun 2013 yang digagas oleh Kemenkoinfo RI bersama MPH Sinode GPM masa bakti saat itu. Kemudian dilembagakan pada tahun 2016 melalui Persidangan MPL Di Buru Utara Jemaat GPM Wainibe, merujuk pada peraturan organik (PO GPM) kitakan MC GPM adalah badan Non Departemen secara kelembagaan. . Sahulata mengetok pintu ruangan Sekretaris Umum MPH Sinode GPM seketika disambut akrab dengan ucapan lembut silahkan duduk bapa, terima kasih Bapa Wakil untuk kehadirannya, ungkap Pdt. Elifas Tomix Maspaitella, M.Si sambil menjabat tangan. Terjadilah pembicaraan tentang IT yang telah dibangun dilingkup GPM mengalir ringan, saat itu Maspaitella memperkenalkan Pdt. M. Manjaruni, M.Cs [Kepala Media Center GPM]. Maka Sahulata diarahkan menuju ruangan MC GPM, Aula Sinode GPM, serta ruang Lobi GPM yang telah terpasang perangkat multimedia. . Perangkat multimedia tersebut menampilkan pelayanan GPM secara Visual (foto, teks, dan video) Manjaruni memperkenalkan perkembangan yang sudah dibangun oleh GPM melingkupi pengembangan Multimedia (TV Informasi dan TV Presentasi), Website Profil, hingga Sistim Informasi GPM (Manajemen Sistim Informasi Pelayanan Sinode GPM) yang mensinergikan database jemaat – klasis – hingga sinode [pegawai organik] dalam satu sistim aplikasi sehingga Sinode akan membaca data dengan mudah. . Baca lengkap kunjungi Web Sinode GPM

A post shared by SINODE GEREJA PROTESTAN MALUKU (@sinodegpm) on

8,398 total views, 6 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com