Home / GPM Terkini / Perayaan HUT ke 46 Wadah Pelayanan Perempuan GPM di Klasis Kairatu

Perayaan HUT ke 46 Wadah Pelayanan Perempuan GPM di Klasis Kairatu

Number of View: 0

1Tanggal 5 Mei 2014, wadah pelayanan perempuan GPM mencapai usia ke 46 tahun. Realitas ini dipahami 2sebagai anugerah Tuhan bagi wadah pelayanan perempuan GPM dalam kiprahnya sebagai salah satu sarana pembinaan umat khusus untuk kategori perempuan yang sudah menjadi anggota sidi gereja. Sebagai refleksi syukur maka Sub Komisi Perempuan Klasis Kairatu dalam tuntunan Tema : “Perempuan Yang Cerdas Spiritual”, telah menggelar berbagai kegiatan Pembinaan mulai dari tanggal 1 Mei 2014 sampai dengan Ibadah Syukur HUT Tingkat Klasis pada tanggal 9 Mei 2014.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Lomba Pemanfaatan Halaman Pastori khususnya bagi jemaat-jemaat di wilayah pesisir. Lomba ini bertujuan menjadikan pastori bukan saja sebagai tempat dimana umat datang mencari pelayanan, tetapi sebagai teladan bagi umat untuk memanfaatkan halaman rumahnya dalam rangka mengembangkan ekonomi keluarganya. Setelah dilakukan penilaian oleh Tim pada tanggal 1 Mei 2014, Lomba tersebut dimenangkan oleh masing-masing ; Pastori Jemaat GPM Uraur sebagai pemenang pertama, Pastori Jemaat GPM Tihulale sebagai pemenang kedua dan Pastori Waipirit sebagai Pemenang ke tiga.

Kemudian pada tanggal 7 dan 8 Mei 2014, bertempat di aula Kantor Klasis GPM Kairatu, digelar Konven Pendeta Perempuan dan Istri Pendeta, yang kegiatannya di buka oleh Sekretaris Klasis GPM Kairatu. Kegiatan selama dua hari tersebut menghadapkan materi pembinaan antara lain ; Pembinaan spiritual bagi Pendeta Perempuan dengan fasilitator Pdt.Nor Latupapua-Reviali M.Th, Human Trafficing dengan fasiliator Pdt. Yohrin Sahureka-Rutumalessy, M.Th. dilanjutkan dengan sharing Pengalaman sebagai Pendeta Perempuan dengan fasilitator Pdt. Emeritus Ety. Manuhuttu, S.Si dan Shearing Pengalaman sebagai Istri Pendeta dengan fasilitator Ibu.M. Matatula – Wenno, S.PAK. (Istri Ketua Klasis Kairatu). Diakhir kegiatan konven dilakukan pelatihan merangkai bunga dengan fasilitator Ibu Tety Kainama. Pelaksanaan Konven ini mendapat respons yang positif dari Pendeta Perempuan maupun istri Pendeta, hal mana terindikasi dari kehadiran dan keseriusan peserta mengikuti konven.

Puncak acara HUT ke 46 wadah Pelayanan Perempuan GPM ini, digelar Ibadah Syukur dan Resepsi yang berlangsung pada tanggal 9 Mei 2014 di Gedung Gereja Pniel Jemaat GPM Kairatu yang dihadiri oleh perwakilan wadah pelayanan perempuan dari jemaat-jemaat kurang lebih 400 orang. Ibadah syukur dilayani oleh liturg Pendeta Nel Lawalata-Erupley dan Pengkhotba Pdt, Samy Titaley, S.Th. (Mantan Ketua Sinode GPM).

Acara resepsi diawali dengan Seberkas Ucap Ketua Sub Komisi Perempuan Klasis Kairatu yang menggambarkan tentang tujuan dan makna pelaksanaan kegiatan HUT Wadah Pelayanan Perempuan, dilanjutkan dengan pemotongan kue HUT yang dipandu oleh Ibu Lakburlawal (istri Ketua Majelis Jemaat GPM Kairatu) sera sambutan Ketua Klasis Kairatu. Dalam sambutannya Ketua Klasis menghadapkan 3 hal penting antara lain ;

(1). Hendaknya perayaan HUT Perempuan GPM ke 46 ini dijadikan sebagai momentum evaluasi dan refleksi dari semua stecholder pelayanan yang bertanggung jawab untuk pengembangan wadah pelayanan perempuan baik di Klasis maupun jemaat-Jemaat, sehingga mampu mendorong bertumbuhnya wadah pelayanan perempuan ini ke depan dengan lebih baik.

(2). Hendaknya wadah pelayanan perempuan tidak saja dilihat sebagai ruang perjumpaan untuk pembinaan spiritualitas perempuan semata, tetapi mesti dikembangkan sebagai ruang peningkatan kapasitas perempuan untuk menghadirkan kecerdasan intelektual, social, moral dan emosional sebagaimana yang direfleksikan oleh tokoh Abigael.

(3). Hendaknya wadah pelayanan perempuan tetap menjadi motivator dan dinamisator untuk menggerakan terus bertumbuhnya kemitraan sejati di kalangan laki-laki dan perempuan.

Resepsi HUT diakhir dengan pengumuman dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba Pemanfaatan Halaman Pastori dan pameran hasil karya perempuan GPM se Klasis GPM Kairatu yang berlangsung di ruang serba guna Jemaat GPM Kairatu. Solideo Gloria. (By. Pdt.J.Matatula,S.Th)

2,859 total views, 2 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Science Film Festival Teknologi Masa Depan 2017 Akan Berlangsung Di Ambon

Number of View: 0[Ambon, sinodegpm.org] Science Film Festival dari Goethe-Institut akan dilaksanakan secara nasional di …

One comment

  1. selamat hut laki2 GPM Tuhan memberkati




    0



    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *