Bertumbuh Seiring Perkembangan Teknologi

Number of View: 0

[Adodo Fordata, sinodegpm.org] – Jemaat Adodo Fordata adalah salah satu Jemaat di Klasis Tanimbar Utara. Jemaat ini terletak di ujung Pulau Fordata dan bisa dijangkau dengan transportasi laut dengan waktu tempuh ±2,5 jam dari pusat Klasis di Larat. Sampai saat ini akses transportasi darat di Pulau Fordata belum memadai begitu juga dengan tenaga listrik yang belum bisa dinikmati oleh umat.

Pelatihan yangh dilakukan oleh jemaat setempat di lokasi gedung gereja.

Meskipun demikian, tantangan-tantangan itu tidak menyulutkan semangat umat di Adodo Fordata untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

Gereja sadar dengan panggilannya di Adodo Fordata, karena itu demi menjaga semangat umat, maka melalui Persidangan Jemaat ke dua puluh enam (26) diputuskan untuk membuka Kursus Komputer bagi anak-anak dan dewasa.

Keputusan ini kemudian direalisasikan pada bulan Juli 2018. Minat umat sangat besar untuk kegiatan ini, terlihat dari jumlah peserta yang mengikuti kursus; anak-anak dua puluh delapan (28) orang peserta dan dewasa tuju (7) orang peserta.

Peserta pelatihan serius mengikuti proses belajar komputer pada jenjang dasar.

Materi yang menjadi muatan kursus ialah Microsoft Word untuk anak-anak dan Microsoft Excel untuk dewasa. Karena kurangnya fasilitas kursus (laptop), maka gereja kemudian menyiasati hal tersebut dengan membagi kelas menjadi empat (4) kelas anak dan satu kelas dewasa.

Setiap kelas menjalani satu (1) kali pertemuan tiap minggu, namun dalam keadaan tertentu kelas anak bisa digabung atau jumlah pertemuannya ditambah.

Idealnya untuk kelas pemula baik itu program Microsoft Word maupun Microsoft Excel direncanakan dilakukan selama sepulu (10) kali pertemuan dengan satu (1) materi per pertemuan.

Antusias para peserta begitu serius mengikuti proses.

Tetapi terkhusus kelas anak-anak demi mengoptimalkan output kursus maka satu (1) materi disajikan dalam beberapa kali pertemuan ditambah dengan ekstra latihan.

Hal ini membuat jumlah pertemuan bertambah dan anak-anak semakin terampil dalam mengoperasikan computer. Sampai berita ini ditulis, progress peserta kursus bisa dikatakan baik. Hasil tes para peserta pun memuaskan.

Para peserta kursus bimbing oleh Pdt.G.Hendriks, S.Si (Ketua Majelis Jemaat Adodo Fordata) yang fasih mengoperasikan komputer secara optimal seperti penggunaan Word, Excel dan Power Point serta memiliki pengetahuan tentang Teknologi Informasi secara baik.

Melalui Media Center GPM yang bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana  (FTI UKSW), peserta kursus  akan diberi sertifikat tanda kelulusan setelah selesai mengikuti kursus yang diberi oleh lembaga pendidikan FTI UKSW.

Hal ini sangat berguna bagi masa depan anak-anak tetapi juga bagi peserta dewasa yang berprofesi sebagai guru. Walaupun masih banyak kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kegiatan ini, tetapi kegiatan ini telah menunjukan kepada umat bahwa jauh bukan berarti tertinggal. Satu hal yang penting untuk dimaknai dan sekaligus menjadi pesan bagi kita semua, yaitu

“TETAPLAH BERTUMBUH SEIRING PERKEMBANGAN TEKNOLOGI!!”

 

Penulis : Pdt. G. Hendriks, S.Si - Ketua Majelis Jemaat Adodo Fordata - Klasis Tanimbar UtaraEditor   : Media Center GPM

39,655 total views, 3 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com