TOT Pengembangan Spiritualitas Berlangsung Di Jemaat GPM Neniari

Number of View: 0

[Neniari Pantai, sinodegpm.org] – Pelayan merupakan jabatan melayani yang diberikan di Gereja Protestan Maluku (GPM), jabatan melayani yang menjadikan Yesus Kristus sebagai tokoh teladannya (Secara Kristologi). Seorang pelayan mendapatkan kedudukan yang diberikan oleh gereja melalui perjalan panjang membangun kehidupan, sehingga dapat menjadi teladan yang menyerupai Kristus sebagai sosok Gembala. Dengan demikian pelayan harus berpartisipasi dalam melayani umatnya seperti teladan yang telah diajarkan oleh Yesus Kristus.

Para Peserta TOT Foto bersama usai acara seremonial. [19/08/2018]
Para perangkat pelayan Jemaat GPM Neniari menyambut dengan antusias pelaksanaan kegiatan tingkat Sinode GPM yang menjadikan Jemaat GPM Neniari Klasis Seram Barat sebagai tuan rumah kurang lebih selama seminggu para pelayan akan belajar melalui panduan yang telah disiapkan.

Persiapan teknis mulai dari dekorasi gedung gereja hingga kebersihan lingkungan dan keamanan menjadi tanda suka cita jemaat dalam kolaburasi bersama melalui pelayanan di GPM.

Ketua Klasis Seram Barat Pdt.R.Haliwela, S.Th, memberikan ucapan selamat datang bagi para peserta “Sebagai gereja yang menjunjung kebersamaan dalam kepelbagaian kami menyampaikan kepada kita semua salam orang basudara. Kami sangat suka cita mendapatkan kepercayaan menjadi tuan dan nyonya rumah kegiatan TOT Penggunaan Modul Pembinaan Dan Pengembangan Spiritualitas Pelayan GPM dan untuk itu dengan suka cita kami mau menyampaikan kepada fasilitator dan seluruh peserta selamat datang di bumi Saka Mese Nusa di Jemaat GPM Neniari Klasis GPM Seram Barat, kami menyambut bapak ibu dengan tangan terbuka”.

Ketua MPH Sinode GPM, Bupati Seram Bagian Barat, Direktur LPJ GPM, Ketua Klasis Seram Barat. [19/08/2018].
Lembaga Pembinaan Jemaat (LPJ) GPM merancang bangun Modul Pembinaan Dan Pengembangan Spiritualitas Pelayan GPM secara mendalam melalu kajian komprehensif dengan membaca konteks pelayanan GPM yaitu kepulauan dan pegunungan di Maluku dan Maluku Utara.

“Kita mengemas kegiatan yang sifatnya training of trainers (TOT) bagi pengembangan spiritualistas pelayan. Spiritualitas adalah satu rekayasa dengan pengertian positif dirancang bangun by design sehingga dengan sendirinya spiritualitas dapat bertumbuh, untuk itu kita membutuhkan rangsangan yang mengarahkan pada satu tujuan bersama”, ucap Ketua MPH Sinode GPM – Pdt. Drs. A J S. Werinussa, M.Si mengawali arahannya dengan mengenakan kemeja putih dengan syal dibahunya yang diberikan oleh warga jemaat saat beliau tiba di Jemaat GPM Neniari.

Ketua MPH Sinode GPM Pdt. Drs. A J S. Werinussa, M.Si memberikan arahan pada kegiatan TOT Bina Spiritual yang berlangsung di Jemaat GPM Neniari Klasis Seram Barat, [19/08/2018]
“Modul yang sudah ditetapkan GPM melalui LPJ  menjadi panduan mengarahkan spiritualitas pada tujuan bersama bagi pelayan yang setia melayani. Kita perlu ketahui ada tiga (3) hal yang menunjang pertumbuhan spiritualitas kita; pertama ruang, kedua masyarakat, dan ketiga alam semesta. Sejatinya kita diciptakan untuk saling membutuhkan antara manusia dan alam ciptaan yang lainnya”, urai Werinussa menambahkan.

“Tugas Pendeta adalah melindungi ini merupakan keimanan yang mengokohkan kedudukan kita dan semua orang punya kedudukan”, tegas Werinussa mengakhiri arahannya.

Konteks serta tantangan pelayanan GPM melahirkan satu bentuk model pembinaan dan pengembangan spiritualitas pelayan untuk dapat digunakan setelah mengikuti training of trainers (TOT) untuk menjadi satu dokumen standar modul pembinaan. TOT merupakan kegiatan tingkat Sinode GPM yang berlangsung selama enam hari [19-24/08/2018] di Jemaat GPM Neniari Klasis GPM Seram Barat hendaknya memberikan umpan balik untuk pengembangan dan penyempurnaan pengembangan Modul kedepan.

Keterlibatan lima belas Klasis mengikuti TOT diantaranya; Klasis Seram Barat, Klasis Buru Utara, Klasis Pulau-Pulau Bacan, Klasis Buru Selatan, Klasis Kota Ambon, Klasis Pulau Ambon Utara, Klasis Pulau Ambon, Klasis Pulau Ambon Timur, Klasis Banda, Klasis Lease, Klasis Masohi, Klasis Seram Utara Barat, Klasis Telutih dan Klasis Seram Utara.

Selaku pimpinan daerah Seram Bagian Barat, saya mengucapkan terima kasih kepada GPM karena sejak dulu dan kini telah berjalan bersama untuk membangun kehidupan yang lebih berkualitas secara berkelanjutan.
Bupati Seram Bagian Barat Membuka Dengan Resmi TOT Penggunaan Modul Pembinaan Dan Pengembangan Spiritualitas Pelayan GPM Yang Berlangsung selama enam hari di Jemaat GPM Neniari Klasis Seram Barat. [19/08/2018].
Bupati Seram Bagian Barat Yasin.Payapo, M.Pd menaruh harapan yang tinggi kepada para pelayan di GPM “Saya yakin benar bahwa modul ini pasti sudah melalui kajian untuk menjadi acuan para pelayan untuk nantinya mengaplikasikan semua nilai yang diterima saat ini oleh para pelayan.

Bupati Seram Bagian barat. Drs. Yasin. Payapo, M.Pd memberikan sambutan pada kegiatan TOT Bina Spiritual yang berlangsung di Jemaat GPM Neniari Klasis Seram Barat.

Setelah kembali ketempat tugas masing-masing dengan harapan kita untuk memberikan kesejukan melalui modul ini menjadi satu persepsi, satu pemikiran, satu labgkah kepada setiao warga jemaat”, ungkap Payapo mengakhiri sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tingkat Sinode.[MCGPM/MIM]

27,910 total views, 5 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com