Pelatihan Aneka Produk Pengolahan

Number of View: 0

Oleh Wadah Pelayanan Perempuan Jemaat GPM Kaiwatu

Senin, 11 Juni 2018 bertempat di Gedung Gereja Efatha, berlangsung pembukaan kegiatan pemberdayaan ekonomi umat berupa pelatihan aneka produk pengolahan dari bahan dasar ikan maupun daging kerbau. Kegiatan ini diperuntukan bagi wadah pelayanan perempuan Jemaat GPM Kaiwatu yang diwakili oleh 21 peserta dari 5 (lima) sektor pelayanan yang ada dalam wilayah jemaat.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Majelis Pekerja Klasis GPM PP. Letti Moa Lakor, Pdt. M.M. Timisela, S.Th. Dalam arahannya, Ketua Klasis mengatakan bahwa tugas gereja adalah pemberitaan Injil dan salah satu wujud pemberitaan Injil adalah dengan melakukan pemberdayaan. Oleh karena itu, patuts disyukuri bahwa kegiatan pemberitaan Injil telah dilakukan oleh Jemaat GPM Kaiwatu sesuai dengan ajaran dan aturan gereja. Beliau mengajak seluruh peserta mensyukuri terlaksananya kegiatan pemberdayaan ini.
Oleh sebab itu, Ketua Klasis juga berharap agar peserta dapat serius dan sungguh-sungguh mengikuti setiap proses dengan baik. Kedepannya beliau berharap ada peningkatan ekonomi rumah tangga serta peserta pelatihan dapat menjadi berkat bagi Gereja baik di tingkat Klasis maupun Jemaat-jemaat lain dengan cara berbagi ilmu dan ketrampilan yang diperoleh selama pelatihan.

Pelatihan aneka produk Pengolahan ini difasilitasi oleh Majelis Jemaat GPM Kaiwatu sesuai arah kebijakan Rencana Strategis yang termuat dalam program dan kegiatan Tahun 2018. Instruktur yang dihadirkan yaitu Bapak Pieter Tomasoa dari Balai Pendidikan, Pelatihan dan Penyuluhan (BP3) Ambon. Kegiatan pelatihan ini secara efektif berlangsung sejak tanggal 12-13 Juni 2018, dimana untuk setiap proses pelatihan, peserta dipandu dengan modul pelatihan yang telah dibagikan. Produk yang diolah dan kemudian dihasilkan adalah Biji Bakso, Nudget Ikan dan Nudget daging kerbau, Abon Ikan, Kerupuk Ikan, Fish Finger dan Bufallo Finger (Kue Bawang), Mie ikan serta Ikan Asap Cair.

Pada hari pertama pelatihan (12 Juni 2018), peserta dilatih membuat 4 (empat) jenis produk yaitu pengolahan ikan tenggiri menjadi kerupuk dan biji bakso; pengolahan ikan tenggiri, ikan momar dan daging kerbau menjadi nudget; pengolahan ikan menjadi mie dan sebagai pewaran mie digunakan sayur sawi dan wortel.

Pada hari kedua (13 Juni 2018), pelatihan dilanjutkan dengan pengolahan ikan tuna menjadi ikan asap cair; pengolahan ikan tuna dan ikan momar menjadi abon; pengolahan ikan dan daging kerbau menjadi fish finger dan buffalo finger. Setelah semua produk selesai diolah, maka masing-masing produk kemudian dikemas serta diberi label.

Menurut instruktur Bapak Piet Tomasoa, pengolahan produk tersebut cukuplah mudah sebab bahan dasarnya ada di sekitar wilayah ini yang terdiri dari lautan sebagai sentra produksi ikan serta daratan tempat berkembang biak kerbau. Selain itu, semua produk olahan ini dijamin sebagai makanan sehat tanpa bahan berbahaya, bahkan proses pengolahan beberapa produk pun sangat sederhana. Setelah pelatihan, diharapkan seluruh peserta dapat mengembangkan ketrampilan yang dimiliki, berbagi ilmu dengan yang lain serta mengembangkan ekonomi rumah tangga. Beliau berharap pula agar produk yang telah diolah ini dapat dijadikan sebagai produk khas Moa ataupun Maluku Barat Daya yang menjadi Ole-ole bagi setiap pengunjung yang hadir di daerah ini.

Majelis Jemaat GPM Kaiwatu beserta Wadah Pelayanan Perempuan Jemaat GPM Kaiwatu beserta selurug warga jemaat menyampaikan terima kasih kepada Instruktur yang telah bebagi ilmu dan ketrampilan kepada peserta. Semoga kerjasama seperti ini terus berlanjut demi peningkatan kualitas hidup jemaat, masyarakat di daerah ini. Kalwedo!

12,863 total views, 3 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com