Peraturan Organik Barang Milik Gereja

Number of View: 0

[Ambon, sinodegpm.org] – Persidangan Ke-39, MPL Sinode GPM di Jemaat Walayoar Klasis PP Obi Komisi Infrastruktur telah menghasilkan 1 Produk yaitu Peraturan Organik Pengelolaan Barang Milik Gereja (BMG). Produk PO BMG didampingi oleh narasumber; Pnt.Alexander.F.Pesiwarissa, Rickardo J. Labetubun, dan Rido G. E. Manuhutu.

Peraturan ini merupakan penjabaran dari Tata Gereja Pasal 24 dan Peraturan Pokok Perbendaharaan Pasal 5. PO Barang Milik Gereja inin Merupakan kebutuhan penting dalam penatalayanan pelayanan Gereja pada jenjang Sinode, Klasis, Jemaat dengan adanya pengelolaan barang secara baik dan benar akan menunjang Tercapainya amanat pelayanan Gereja.

Pengelolaan Barang Milik Gereja Merupakan Sebuah Siklus yg terdiri dari:
a)pejabat Pengelola Barang Milik Gereja
b) perencanaan kebutuhan dan penganggaran;
c) pengadaan;
d) penggunaan;
e) pemanfaatan;
f) pengamanan dan pemeliharaan;
g) penilaian;
h) pemindahtanganan;
i) pemusnahan;
j) penghapusan;
k) penatausahaan;
l) pembinaan, pengawasan dan pengendalian;
m) ganti rugi dan sanksi.

Dengan terlaksana pengelolaan barang milik Gereja secara bertanggungjawab, baik dan benar bermuara pada adanya laporan nilai barang milik GPM secara menyeluruh, hal ini penting bagi pimpinan GPM (MPH Sinode) dalam mengoptimalkan semua BMG yang di kelola di Jemaat, Klasis, dan Sinode untuk tercapainya amanat pelayanan Gereja.

Melalui Rapat Konsultasi MPH Sinode dan Pimpinan Klasis Se -GPM 07/08/2018 untuk melakukan penyelarasan dan melengkapi Lampiran2 dokumen Format pengisian BMG yg terdiri dari :
1.Format Rencana Kebutuhan BMG
2.Format pengadaan BMG
3.Format KIB A (Tanah)
4.Format KIB B ( Peralatan dan Mesin)
5.Format KIB C (Gedung dan Bangunan)
6.Format KIB D ( Jalan, Irigasi, Jaringan)
7.Format KIB E ( Aset Tetap Lainnya)
8.Format KIB F (Kontruksi dalam pekerjaan)
9.Format Buku Induk Inventarisasi Barang Milik Gereja.

Pembahasan melalui Pokja yg di bentuk dapat tercapai hasil PO yang telah di selaraskan untuk di tetapkan pemberlakuan Dalam MPL ke 30, tahun 2018 di Saumlaki.

Harapkan bersama kami GPM mempunyai sebuah produk PO Pengelolan BMG yang dapat di gunakan di semua aras kepemimpinan Gereja (SINODE, KLASIS ,JEMAAT) yang mampu menjawab kepentingan gereja kedepan.

19,930 total views, 3 views today

Respond For " Peraturan Organik Barang Milik Gereja "

Sorry, comments are closed for this post.