Baku Dapa Anak Dan Remaja Se-GPM Tahun 2018

Number of View: 0

“Baku Dapa Anak dan Remaja GPM Tahun 2018 Momentum Bersejarah Bagi Maluku Barat Daya”

Pada waktunya akan tercatat dalam sejarah bahwa perhelatan Bakudapa Anak dan Remaja GPM baru pertama kali digelar Kabupaten Maluku Barat Daya. Sebelumnya, Bakudapa Anak dan Remaja yang ditetapkan 3 (tiga) tahun sekali ini, telah dilaksanakan di Kota Ambon, Kairatu (SBB) dan Saumlaki (MTB). Melalui Keputusan MPL Sinode di Wayaloar Pulau Obi Halmahera Selatan, Klasis GPM Letti Moa Lakor pada kali ini menjadi tuan dan nyonya rumah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya dan Klasis GPM Pulau-pulau Letti Moa Lakor sangat menyambut positif pelaksanaan Bakudapa Anak dan Remaja GPM 2018 di daerah ini. Sambutan positif ini merupakan tanggung jawab dan perhatian kita bersama terhadap Anak dan Remaja GPM yang adalah warga gereja dan sekaligus warga masyarakat. Hal ini disadari sungguh sebab pada diri Anak dan Remaja gereja terdapat harkat martabat manusia yang harus dijunjung tinggi. Selain itu, dalam diri anak dan remaja melekat hak-hak dasar yang harus dipenuhi serta dilindungi oleh orang dewasa, keluarga, gereja, masyarakat juga pemerintah.

Gereja dan Pemerintah perlu berkolaborasi untuk mengagendakan kegiatan bersama guna meresponi kebutuhan anak dan remaja yang berada pada konteks dan dinamika pembangunan serta perubahan yang serba cepat pada segala aspek kehidupan memberikan implikasi terhadap perkembangan mereka yang pada waktunya berdampak bagi pelayanan gereja dan pembangunan suatu daerah.

Selain itu nilai-nilai luhur budaya bangsa seperti pola hidup kalwedo, masohi, toleransi, kebersamaan, bangga pada kebhinekaan dan keragaman suku/sub suku dan budaya terus dipaksa untuk melemah dan berubah menjadi pola hidup individual, primordial, konsumtif dan kesenjangan di berbagai wilayah sampai pada tingkat anarkis. Baik Gereja maupun Pemerintah diharapkan terus mengupayakan dan menghadirkan berbagai bentuk dan model pemberdayaan dan pembinaan anak dan remaja untuk kembali menguatkan integritas diri, kualitas iman, semangat hidup bersama dalam damai, memahami hidup dalam keragaman, mencintai sesama dan lingkungan, serta mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi secara bertanggung jawab.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya dan masyarakat sangat berterima kasih kepada Gereja Protestan Maluku yang telah merancang Bakudapa Anak dan Remaja GPM 2018 yang berlangsung di Pulau Moa MBD pada tanggal 7 – 12 September 2018.

Melalui kegiatan akbar ini, menunjukan bahwa gereja mampu menghimpun anak dan remaja se-GPM yang ada di wilayah Maluku dan Maluku Utara, juga yang berasal dari daerah dan Negara lain, yang hidup di pulau-pulau, di gunung dan di pesisir, hidup dalam keragaman budaya serta penuh kearifan lokal. Kurang lebih seribuan partisipan (peserta) akan hadir dan menginjakan kaki di Bumi Kalwedo Kabupaten Maluku Barat Daya yang merupakan beranda terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kehadiran seluruh partisipan Bakudapa Anak dan Remaja dari berbagai wilayah dan daerah ini, menunjukkan bahwa kita ingin hadir mengenal lebih dekat dan berkolaborasi, bergandengan tangan membangun negeri-negeri laut dan pulau yang terbentang luas di bumi persada lebih khususnya di Maluku Barat Daya.

Warga gereja dan masyarakat Maluku Barat Daya merasa bangga, karena event akbar ini ditetapkan pelaksanaannya di Pantai Nyama Pulau Moa. Dengan adanya event akbar ini akan menjadi kesempatan bagi Pemerintah Daerah untuk mempromosikan potensi daerah seperti icon-icon pariwisata, memberdayakan warga masyarakat/gereja melalui promosi komoditi unggulan daerah, promosi nilai-nilai tradisi, adat dan budaya negeri ini.

Diharapkan melalui momentum bersejarah ini mendorong pemerintah daerah, warga gereja dan masyarakat untuk bekerjasama membangun bumi kalwedo ke arah yang lebih baik. Dengan segala daya dan dana yang dimiliki serta dukungan dari berbagai pihak, kegiatan ini akan disiapkan secara optimal untuk menyambut para partisipan yang datang dari berbagai klasis, daerah dan Luar Negeri.

Semuanya demi kemuliaan nama Tuhan yang mempercayakan Gereja dan pemerintah untuk memberi sukacita bagi anak dan remaja gereja, menghadirkan tanda-tanda kerajaan Allah di Bumi Kalwedo, bumi yang menjunjung tinggi nilai tradisi Honoli dan Sioli Lieta sebuah spirit persaudaraan Ina Nara Ama Siali, orang basudara yang harmonis, santun penuh kehangatan kasih.

 

Penulis : Panitia Baku Dapa Anak Dan Remaja GPM (Lemola)
Editor  : Media Center GPM

16,150 total views, 2 views today

Respond For " Baku Dapa Anak Dan Remaja Se-GPM Tahun 2018 "

  • Like 08/09/2018 11:46

    Like!! Thank you for publishing this awesome article.
  • เพิ่มไลค์เพจ 09/09/2018 11:47

    Likely I am likely to save your blog post. :)
  • hasil riset saham indonesia 17/09/2018 03:16

    Your blog on Baku Dapa Anak Dan Remaja Se-GPM Tahun 2018 – Sinode Gereja Protestan Maluku is great. We hope you can continue posting many lot blog in the future. Be prosperous sinodegpm.org