Home / GPM Terkini / Napak Tilas Hidup Berpendidikan Keagamaan Berorientasi Ekumene Semesta

Napak Tilas Hidup Berpendidikan Keagamaan Berorientasi Ekumene Semesta

Number of View: 0
[Oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Teologi UKIM pada beberapa komunitas di Bali] [Denpasar Bali, sinodegpm.org] – Kali ini situasi belajar yang berlangsung cukup berbeda, biasa proses belajar terjadi di dalam ruang kelas tetapi saat ini tidak ! Bahkan untuk mengalami sekaligus memahami Hidup Ber Pendidikan Agama Kristen (Ber – PAK) Mahasiswa Fakultas Teologi (S1) Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon melaksanakannya di Bali.

Mereka memulai aktifitas pertama kali dengan terlibat langsung dalam pelayanan ibadah minggu dengan membawa pujian dan sekaligus sosialisasi lagu-lagu GPM yang diambil dari Buku Nyanyian GPM di Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB) Bukit Doa – Nusa Dua Bali (ibadah pagi) dan GPIB Eklessia Denpasar (ibadah sore), 08/07/2018. Bersama dosen pengampu mata kuliah Hidup Ber- Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pdt. Dr. Nancy Souisa dan Pdt. Yudi Manuputty, M.Th.

Mahasiswa diberikan ruang untuk berdialog bersama para Pendeta yang melayani di Bali menyangkut Hidup Ber – Pak dan tantangan dan peluang hidup yang sangat dinamis di Bali 08/07/2018.

Mahasiswa mengunjungi, melihat, mendengarkan serta merasakan melalui penginderaan proses belajar pendidikan Agama dalam komunitas Hindu di Ashrama Gandhi, Desa Candi Dasa Karang Asem, Bali, dan mengenal sebuah Desa Adat yang tua di Bali yakni Desa Tenganan. Mahasiswa turut belajar lewat cara mencicipi makanan makan siang yang disiapkan komunitas Gandhi Ashram. Ini merupakan anugerah untuk memperluas pemahaman saat berjumpa dengan agama-agama lain untuk saling mengakui dan menerima, 09/07/2018.

Kegiatan Study Tour ke Bali adalah follow up dari kuliah Hidup Ber-PAK. Pesertanya sepuluh orang mahasiswa Program Studi Teologi dan sepuluh orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK).Tujuannya: Mahasiswa mengeksplorasi, mengetahui dan memahami penekanan pendidikan pada setiap komunitas, membuat perbandingan, menemukan best practice dan merancang proyek pendidikan kontekstual. Selain itu mempromosikan GPM dan UKIM sesuai kapasitas yang bisa dikembangkan.


Editor : Media Center GPM

4,677 total views, 693 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

PGI Sikapi Bahaya Terorisme

Number of View: 0[Jakarta, sinodegpm.org] – Dalam rangka memperkuat sendi kehidupan berbangsa dan pembinaan kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.