Home / GPM Terkini / Menggembirakan Keberagaman Pemuda Muhammadiyah Datangi Sinode GPM
Rombongan Pemuda Muhammadiyah Pusat Bersama Pemuda Muhammadiyah Maluku Datangi Kantor Sinode GPM 30/05/2018, dengan kegiatan yang bertajuk "Menggembirakan Keberagaman".

Menggembirakan Keberagaman Pemuda Muhammadiyah Datangi Sinode GPM

Number of View: 0
[Ambon, sinodegpm.org] – Rombongan pemuda menggunakan skuter datangi kantor Sinode Gereja Protestan Maluku (30/05/2018). Para pemuda tersebut menggunakan helmet cokelat bercorakan stiker, mengenakan jaket atau rompi cokelat bertempelan merah putih dilengan serta bertuliskan ekspedisi kebangsaan “Menggemberikan Keberagaman” menjadi kostum perjalan mereka.

[Rombongan Pemuda Muhammadiyah Pusat Bersama Pemuda Muhammadiyah Maluku Datangi Kantor Sinode GPM 30/05/2018, dengan kegiatan yang bertajuk “Menggembirakan Keberagaman”.]
Dirancangkan selama dua bulan misi ekspedisi, rombongan tim skuter akan mendatangi berbagai rumah ibadah seperti kuil, masjid, gereja dan vihara untuk kegiatan bersih-bersih bersama dan dialog di seanteru Indonesia.

[Rombongan Pemuda Muhammadiyah Pusat Bersama Pemuda Muhammadiyah Maluku Datangi Kantor Sinode GPM 30/05/2018, dengan kegiatan yang bertajuk “Menggembirakan Keberagaman”.]
Indonesia adalah negara yang besar, terdiri dari berbagai suku dan agama, beragam dari sisi bahasa lokal setempat hingga kearifan lokalnya, dengan penuh kesadaran lalu manusia mengakuinya, bahwa benar keberagaman itu sesungguhnya anugerah Tuhan.

Ditengah kemelut bangsa Indonesia, rombongan anak muda yang mendatangi kantor Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) menggunakan skuter adalah pemuda Muhammadiyah Pengurus Pusat di Jakarta, ikut pula pemuda Muhammadiyah Maluku yang sementara menjalankan misi mereka bertajuk “Menggembirakan Keberagaman”.

Indonesia adalah Negara yang sangat beragam sehingga perbedaan itu menjadi modal sosial bersama. Maka keberagaman sudah harus digembirakan bukan menjadi asal muasal perpecahan, ungkap salah satu pemuda Muhammadiyah sambil berbicara santai di ruang Aula Sinode GPM.

Mereka juga mengungkapkan jika toleransi yang otentik harus berlangsung sehingga perbedaan tidak menjadi sumber untuk menyeramkan keadaan.

[MPHS Berdialog Bersama Rombongan Pemuda Muhammadiyah Pusat Bersama Pemuda Muhammadiyah Maluku Di Kantor Sinode GPM 30/05/2018, dengan kegiatan yang bertajuk “Menggembirakan Keberagaman”.]
Kehadiran mereka disambut ramah, penuh suka cita oleh Majelis Pekerja Harian Sinode (MPHS) GPM yakni Pdt.R.Refialy, M.Th( Wakil Ketua) dan Pnt.R.Reyper, M.PSi (Anggota).

[Usai berdialog bersama MPHS GPM, Pemuda Muhammadiyah Pusat dan Daerah Foto Bersama Bersama MPHS GPM Di Depan Kantor Sinode GPM (30/05/2018).]
Saat perjumpaan berlangsung bersama MPHS GPM, dialog pun terlontarkan baik dari pemuda yang sedang “Menggembirakan Keberagaman” begitupun GPM.

Pemuda Muhammadiyah juga menanyakan apakah ada kegiatan-kegiatan keberagaman yang pernah berlangsung sepenjang pelayanan GPM ?

GPM telah melakukan itu sudah lama. Saat ini , Gereja orang basudara (bersaudara) sebetulnya merupakan hasil refleksi pengalaman bergereja di Maluku terutama Gereja Protestan Maluku (GPM) dalam bersentuhan dengan umat beragama lain. Setelah pengalaman konflik, kami merasa bahwa kami harus mengangkat ke permukaan nilai-nilai persaudaraan yang selama ini terkemas dalam adat dan budaya kita sebagai orang Maluku misalnya ada pela gandong begitupun juga kearifan-kearifan lokal tentang adat budaya persaudaraan yang menjadi tradisi oleh setiap daerah-daerah di wilayah Maluku dan Maluku utara, karena itu kami sepakat sebagai GPM untuk mengangkatnya menjadi ciri GPM, ungkapan tersebut disampaikan Ketua MHPS GPM, saat menabihskan gedung Gereja Bethania di Klasis Kota Ambon, tegas Refialy menjelaskan dengan mengutip.

Kami usulkan untuk berlangsungnya kerjasama elemen pemuda Muhammadiyah dengan Angkatan Muda GPM juga dengan Pemuda Katolik serta Agama lainnya untuk lebih meningkatkan pemahaman” Menggembirakan Keberagaman pada level bawah, usul Wakil Ketua MPHS GPM Pdt.P.Refialy, M.Th.

Pemuda Muhammadiyah menyambut baik usulan yang disampaikan. Mengingat GPM telah menawarkan kerjasama dengan Muhammadiyah saat kehadiran Prof. Dr. KH. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA, (tokoh Muhammadiyah) di Ambon beberapa bulan yang lalu.

Pemuda adalah tulang punggung Republik Indonesia, padamulah nilai tentang Pancasila ditancapkan mendalam pada dasar hati, hingga menjadi ideologi pada setiap identitas keberagaman yang adalah bangsa Indonesia. Pancasila kita Sakti dan kuat.(MC-GPM/MIM).

 

32,371 total views, 1 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Maluku Barat Daya Tidak Terkena Dampak Gempa Lombok

Number of View: 0[Ambon, sinodegpm.org] – Kami menyampaikan kepada semua pihak tentang jarak antara Pulau …