Home / GPM Terkini / Kemenkoinfo Gelar Bimbingan Teknis Media Center Di Bali
Kasubid Media Online Nurlaily

Kemenkoinfo Gelar Bimbingan Teknis Media Center Di Bali

Number of View: 0
[Bali, sinodegpm.org] – Menarasikan kejadian atau kegiatan yang berlangsung pada wilayah pelayanan GPM merupakan suatu langkah publikasi yang turut merawat opini publik dari berita hoax dan sejenisnya serta dapat memberikan informasi, inspirasi hingga edukasi kepada publik.
Kasubid Media Online Nurlaily
Direktorat Pengelolaan Media Publik Direktorat Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasu dan Informatika RI kembali menggelar “Bimbingan Teknis Pembuatan Konten Untuk Peningkatan Kompetensi Jurnalis Media Center Daerah.
Telah diberikan 251 perangkat Media Center di sejumlah pemerintah Provinsi, Kota, untuk memberikan kontribusi bagi kebijakan publik, pelayanan publik, dan partisipasi publik. Karena itu jurnalis daerah menjadi ujung tombak, Bintek yang berlangsung hanya bagi 162 Media Center daerah yang aktif hingga 2017. Bintek kali ini sudah dilakukan sebanyak empat kali dan saat ini merupakan bintek yang terakhir, ungkap Nurlaily Kaubid Media Online Direktorat Pengelolaan Media Publik Direktorat Jenderal Informasi Dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasu dan Informatika RI.
Kali ini materi difokuskan kepada teknik penulisan feature dan foto esay. Tujuannya  untuk meningkatkan kompotensi dan optimalisasi Media Center daerah tentang pelayanan publik. Teknik foto dan tulisan diajarkan secara mendalam oleh pihak Media Indonesia, Kompas serta penanggung jawab InfoPublik, tentunya ilmu yang diberikan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas oleh Media Center daerah yang dikirimkan kepada info publik. tambah Nurlaily perempuan berhijab yang tekun mengatur media online Kemenkoinfo.
Para Penanggung Jawab Infopublik Kemenkoinfo

Para pemateri yang profesional pada bidangnya bekerj keras guna menyajikan perihal penting tentang “Teknik Penulisan Feature dan Foto Essay”. Bimbingan Teknis berlangsung di Bali Hotel Paradiso Kuta Bali 25-27/04 yang diikuti oleh enam puluh enam (66) Media Center Daerah di Indonesia.

Media Center (MC) GPM adalah salah satu dan satu-satunya Media Center yang bukan di bawah Pemerintahan Daerah turut menjadi peserta bintek.  Media Center GPM merupakan media Gereja Protestan Maluku (GPM) yang telah terintegrasi bersama Kemenkoinfo RI sejak tahun 2012.

Proses Bintek yang berlangsung kurang lebih dua hari diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk sama-sama memberikan informasi (berita-berita) daerah dengan konteks masing-masing untuk merawat Khebinekaan, selain itu melalui Infopublik Kemenkoinfo setiap Media Center daerah dapat mepublikasikan potensi yang ada misalnya tentang pariwisata, hutan, lautan, serta industri jika ada. Tidak hanya itu para peserta akan dituntun agar dapat menulis konten tentang profil seseorang, peristiwa atau kejadian sehingga publik dapat memperoleh informasi, inspirasi serta pencerahan terhadap suatu kejadian atau sejenisnya.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali.
Kami mengucapkan terimakasih karena kegiatan tahun 2018 berlangsung di Provinsi Bali. Beliau mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan berharap kegiatan ini akan bermanfaat. Media Center daerah dapat berperan aktif kepada masyarakat dalam menentukan kebijakan, sambut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Bali, Ir. Inyoman Sujaya, MT mengawali sambutannya.
Sujaya juga mengungkapkan tentang konteks informasi Indoensia saat ini, bahwa permasalahan perluasan informasi dengan munculnya fenomena berita hoax. Maka uji kompetensi melalui bintek dapat memberikan konribusi agar seluruh Media Center dapat memberikan informasi yang akurat kepada publik dengan menyajikan informasi yang sifatnya edukasi kepada publik guna menjadikan masyarakat Indonesia yang cerdas. Kami berharap untuk semua peserta dapat mengikuti bintek secara baik.
Peserta Bintek di Bali
Kontribusi informasi daerah dapat membantu pada analisis informasi tiap daerah dengan isu-isu yang beragam untuk diketahui oleh InfoPublik. Menjadi penting sehingga informasi pada aras terendah di setiap dearah dapat disuarakan sebagai basis kontrol sosial yang akurat dan konstruktif.
Setiap publikasi tentunya akan memberikan timbal balik bagi para pembaca. Dan informasi tersebut akan berdampak bagi kehidupan sosial masyarakat, relasi agama-agama untuk keutuhan hidup bersama.
————-
Penulis : Media Center GPM

8,882 total views, 156 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Paskah Sinode GPM Dalam Nuansa Orang Basudara

Number of View: 0[Masohi, sinodegpm.org] – Kota Masohi diramaikan dengan nuansa orang bersaudara ‘salam sarane’ …

One comment

  1. F*ckin’ awesome things here. I am very glad to see your article. Thanks a lot and i am looking forward to contact you. Will you kindly drop me a mail?




    0



    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.