Home / GPM Terkini / Pengresmian dan Penahbisan gedung baru Gereja ‘Silo’, Jemaat GPM Warwut.

Pengresmian dan Penahbisan gedung baru Gereja ‘Silo’, Jemaat GPM Warwut.

Number of View: 0
[Tual, sinodegpm.org] – Setelah bergumul lebih kurang 14 tahun, gedung baru gereja SILO, Jemaat GPM Warwut pada akhirnya diresmikan dan ditahbiskan oleh Ketua MPH Sinode GPM, Pdt. Athes J.S. Werinussa, pada hari Minggu, 15 April 2018.

Rapuh dan terbatasnya daya tampung gedung gereja yang lama dan makin bertambahnya jumlah anggota jemaat adalah alasan mendasar dibalik lahirnya Keputusan Sidang Jemaat GPM Warwut tahun 2002 untuk membangun gedung gereja yang baru.
Aktualisasi atas keputusan Sidang Jemaat itu dimulai tanggal 13 Juni 2004 melalui akta peletakkan Batu Penjuru, ketika itu Jemaat GPM Warwut dipimpin oleh Pdt. Frits Eleujaan. Setelah Pdt. Eleujaan memasuki masa purnabakti, tanggung jawab pembangunan itu diteruskan oleh Pdt. Jan Tipialy. Dengan dimutasikannya Pdt. Jan Tipialy ke Jemaat GPM Sion – Kota Tual tahun 2016, maka tanggung jawab itu diteruskan oleh Pdt. Arens Kilay sampai proses peresmian dan pentahbisannya.

Desa atau Ohoi Warwut sesungguhnya dihuni oleh 2 komunitas umat beragama. Penganut agama [Kristen] Katholik adalah komunitas terbesar. Sedangkan penganut agama [Kristen] Protestan adalah komunitas terkecil. Rukun dan harmoninya kehidupan persaudaraan di antara mereka didasarkan pada nilai-nilai budaya [Ain Ni Ain] dan berita Injil sebagai Khabar Baik yang mereka terima, yakini dan hidupi dari generasi ke generasi.

Secara statistik, jumlah anggota Jemaat GPM Warwut tidak banyak. Hanya sekitar 120-an jiwa. Tetapi mereka cukup memiliki iman untuk mengambil tanggung jawab yang besar dibalik ketidakmampuan mereka dari sisi kuantitas dan finansial.

Dari sisi pekerjaan, mata hampir semua warga Jemaat GPM Warwut yang berusia kerja menggeluti mata pencaharian sebagai petani. Hanya 4 orang yang bekerja sebagai ASN/PNS. Walaupun sebagai petani dengan tingkat pendapatan yang bervariasi, namun dari total dana sebesar 1,30M yang dibutuhkan untuk membiayai pembangunan gedung gereja baru tersebut, hampir 3/2 jumlahnya ditanggung oleh anggota jemaat dari hasil kerja mereka sebagai petani. Sedangkan sisanya diperoleh dari bantuan dan sumbangan berbagai pihak diluar jemaat. Kenyataan ini patut menjadi pembelajaran [atau contoh] bagi semua jemaat di Gereja Protestan Maluku [GPM] yang sementara maupun yang akan membangun gedung gereja baru. Bahwa apapun jenis pekerjaan anggota jemaat yang berimplikasi kepada pendapatan keluarga [dan yang nantinya menyumbang bagi pembangunan], pertama-tama itu harus dijadikan sebagai modal utama bagi lahirnya gerakan membangun di jemaat [bukan saja pembangunan fisik, tetapi juga pendidikan dan spiritual]. Dalam Liturgi Ibadah Pengresmian Gedung Gereja [Baru] yang berlaku di GPM, modal jemaat itu dibahasakan secara teologis dengan frasa “jemaat sebagai tiang penyangga utama”. Karena posisi itu, maka sumbangan atau bantuan dari luar jemaat sedapat-dapatnya diupayakan sebagai pelengkap.

Sampai penyelesaiannya, gedung baru gereja SILO, Jemaat GPM Warwut melibatkan sejumlah pihak. Pertama dan utama, patut disebut umat Katholik stasi Warwut sebagai komunitas terbesar di Warwut. Kemudian basudara pela-gandong, basudara muslim, pemerintah daerah dan anak-anak negeri di rantau. Keterlibatan banyak pihak ini merupakan pengakuan, bahwa Jemaat GPM Warwut [bahkan siapapun] tidak dapat melakukan sesuatu sendirian.

Ibadah perdana di gedung gereja baru dipimpin oleh Pdt. Max Syauta, dan pemberitaan firman berfokus dari Mazmur 118:19-21.

Ketua MPH Sinode GPM dalam arahannya usai ibadah penahbisan, mengajak umat di Jemaat GPM Warwut untuk selalu bersyukur. Bahwa pengresmian dan pentahbisan ini adalah perayaan sekaligus pengakuan bahwa jemaat bersama Panitia dapat melewati setiap kesulitan dan tantangan, hanya oleh anugerah Allah. Tidak ada beban yang berat kalau Allah berkehendak atasnya, dan kalau semua orang mau mengangkatnya.

Pdt. Athes Werinussa juga mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi atas pemberian jemaat bagi GPM berupa 1 unit gedung gereja yang [walaupun] kecil, tetapi megah. Kemegahan gedung gereja itu memang agak berbanding terbalik dengan realitas rumah umat yang “apa adanya”. Tetapi ekspresi atas kecintaan umat kepada GPM dan iman umat kepada Yesus Kristus patut dihargai. Terhadap realitas itu, para Pelayan Khusus [teristimewa Pendeta] diingatkan untuk melayani umat dengan penuh kesetiaan, sebab GPM berhutang sangat banyak kepada umat.

Sementara itu, terhadap nama gedung gereja: SILO, Pdt. Athes Werinussa meminta kesediaan Majelis Jemaat dalam koordinasi dengan tokoh masyarakat/adat untuk merubah nama SILO sesuai perspektif budaya. Dalam konteks budaya, SILO sama sekali tidak dikenal. Orang-orang Warwut justru mengenal ‘RAHAN ROAT’ atau SILO dalam perspektif budaya, yang berarti “lumbung berkat”. Penamaan gedung gereja sesuai konteks budaya setempat sekaligus sebagai cara gereja merawat dan melestarikan bahasa-bahasa lokal sebagai bahasa ibu di Maluku dan Maluku Utara.

Sedangkan sambutan pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara disampaikan oleh Plt. Bupati Maluku Tenggara, Drs. Semmy Risambessy, MM.

Pengresmian dan pentahbisan gedung gereja baru ini dihadiri juga oleh warga Warwut di rantau, basudara Katholik dan muslim, basudara pela-gandong, Majelis Pekerja Klasis GPM P.p. Kei Kecil & Kota Tual bersama para Pendeta di lingkungan klasis, pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual bersama sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah [OPD] dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

[Kredit foto: Lensa Satpol PP Kab. Malra & ibu Renny Werinussa].

Tual, 15/16 April 2018.

25,288 total views, 1 views today

About Haris Abra

Check Also

Sambutan Presiden RI Peringatan Hari Lahir Pancasila

Number of View: 0 23,133 total views, 1,930 views today Tweet

One comment

  1. Great blog you have here but I was wondering if you knew of any message boards that cover the same topics discussed here? I’d really love to be a part of online community where I can get comments from other experienced individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Thanks!




    0



    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.