Home / GPM Terkini / Dialog Yang Dialogis, Prof Dien Syamsuddin Berkunjung Ke GPM

Dialog Yang Dialogis, Prof Dien Syamsuddin Berkunjung Ke GPM

Number of View: 0
[Ambon, sinodegpm.org] – Tiba di Ambon Prof.Din Syamsuddin yang menjabat  sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban bersama Staf utusan Khusus Pdt Jacky Manuputty (Pendeta Gereja Protestan Maluku) dan rombongannya menuju gedung Gereja Jemaat GPM Bethania, Klasis Kota Ambon.

Prof Din Syamsuddin bersama rekannya melakukan pertemuan dengan Majelis Pekerja Harian Sinode GPM dan para pendeta Se Klasis GPM Kota Ambon, Klasis Pulau Ambon, Klasis Pulau Ambon Timur, dan Klasis Pulau Ambon Utara. Dialog yang berlangsung  bertujuan untuk mendengarkan apa saja yang melatarbelakangi terjadinya benturan-benturan antar agama dalam bentuk dialog yang dialogis.

Perjumpaan kurang lebih berlangsung sekitar 60 menit, berlangsung sejak Pukul 10.40 – 12.00.

Para pendeta yang hadir berkesempatan menyampaikan catatan reflektif dalam pertemuan para Pendeta GPM bersama Kepala Kantor Staf Kepresidenan Untuk Hubungan Antar Agama dan Peradaban, Prof. Dien Syamsudin (14/12-2017), para Pendeta GPM mengemukakan beberapa hal sebagai catatan.

Pdt. Ricko Rikumahu, Ketua Klasis Pulau Ambon, menyampaikan kesan umum tentang posisi Prof. Dien Syamsudin dalam urusan khusus ini.

Lebih lanjut Rikumahu menjelaskan bahwa “hari ini para pendeta dan imam serta ustad-ustad sedang berusaha sungguh-sungguh untuk membangun perdamaian”. Ia mencontohkan aktifitas perdamaian warga Jemaat GPM Rehoboth dengan warga Salam di Waringin. Tetapi juga inisiasi perdamaian berbasis pembinaan keluarga yang baru selesai dilakukan para Pendeta Klasis Pulau Ambon bersama ulama dan warga Muslim di Waringin, Tanah Lapang Kecil dan Pohon Mangga (Air Salobar).

Menurutnya, dalam hal itu kita telah melampaui batas-batas pela dan gandong dalam arti mengaplikasikannya dalam masyarakat plural di Ambon.

Pdt. George Likumahwa, Ketua Majelis Jemaat GPM Rumahtiga, malah memberi catatan kritis terhadap masuknya faktor-faktor non-religius melalui perilaku politik, yang justru dapat mengadu domba umat di level bawah.

Dan Pdt. Neles Pattikawa, Ketua Majelis Jemaat GPM Kusu-kusu Sereh lebih menyoroti faktor-faktor relasi antarwarga yang perlu terus diperkuat agar jangan ada yang saling curiga mencurigai.

Terhadap hal-hal itu Dien Syamsudin merespon dengan mengakui bahwa ada praktek-praktek yang bagus di Islam dan Kristen, termasuk pada pelayanan publik. Ia mencontohkan payanan Rumah Sakit Islam dan Kristen di Yogyakarta.

Juga bahwa benar ada faktor-faktor politik yang turut memperkeruh hubungan antar-agama. Kita perlu memperkuat aksi kemanusiaan, sebagai bentuk dialogue in action for humanity, ungkap Dien.

 

Penulis : Pdt. E T Maspaitella, M.Si - Sekretaris Umum MPH Sinode GPM

Editor : Media Center GPM

4,718 total views, 3 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Sambutan Presiden RI Peringatan Hari Lahir Pancasila

Number of View: 0 23,075 total views, 1,872 views today Tweet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.