Home / GPM Terkini / Geliat Advokasi Lingkungan GPM

Geliat Advokasi Lingkungan GPM

Number of View: 0
[Jakarta, sinodegpm.org] – Sudah dua tahun berturut-turut GPM memberi aksentuasi terhadap dua isu utama yakni keadilan ekologis dan advokasi. Advokasi merupakan bentuk gerakan sipil untuk membela kepentingan masyarakat dan demi terciptanya tatanan masyarakat yang adil dan demokratis.

Keadilan ekologis menandaskan kesadaran dan komitmen gereja untuk merawat bumi agar menjadi rumah bersama yang nyaman untuk semua ciptaan. Kedua hal ini tentu tidak bisa diwujudkan semalam tapi butuh waktu dan proses serta konsistensi.

SEBUAH PEMBELAJARAN DARI KLASIS TANIMBAR SELATAN

Dari antara 3 angkatan Pelatihan AMDAL yang diikuti pada Pusat Studi Lingkungan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, maka semua pendeta di Klasis GPM Tanimbar Selatan telah “lulus” pelatihan tersebut. Secara marathon selama sepekan sejak jam 07.00-17.00 mereka mengikuti kuliah yang difasilitasi oleh para pelatih yang memiliki reputasi dan sertifikasi di bidangnya. Berbagai materi disajikan, sebagian besar berkaitan dengan dengan regulasi (UU) di bidang lingkungan hidup. Para peserta di ujung “kuliah” mesti mengikuti ujian dan setelah dinyatakan lulus berhak menerima sertifikat dengan kualifikasi A,B dan C. Kualifikasi A diberikan kepada mereka yang lulus dasar-dasar AMDAL. Yang telah memperoleh sertifikat C adalah Pdt Rein Tupan (Sekretaris Klasis Tan) dan Pdt Rico Rikumahu (mantan Kekla Tanut, sekarang Kekla P. Ambon).

Total pendeta GPM yang telah mengikuti pelatihan ini berjumlah 27 orang, masing-masing; angkatan pertama 3 orang, angkatan kedua 8 orang dan angkatan ketiga 16 orang. Mereka merupakan pencatat sejarah dalam derap pelayanan GPM sebagai orang-orang yang mendapat kesempatan untuk mengikuti suatu pelatihan yang bersertifikat dan kualifikasi di bidang analisis dampak lingkungan hidup.

Klasis Tanimbar Selatan bahkantelah membentuk Yayasan Pemerhati Lingkungan Hidup yang merupakan wadah berhimpun para “alumni” Pelatihan PSL UGM sekaligus wadah untuk mengartikulasikan peran gereja di bidang lingkungan hidup. Sebuah “pilot project” yang fenomenal.

PERLU KEBERLANJUTAN DAN AGENDA AKSI

27 Pendeta GPM yang telah memiliki sertifikat ini perlu diapresiasi dan diberi ruang serta terus disupport. Pada level Klasis peran pimpinan Klasis sangat penting untuk tugas supporting tersebut. Pada level Sinode, MPH Sinode perlu memperhatikan fakta ini sebagai sebuah “prestasi” GPM dalam keseriusan mengadvokasi isu-isu lingkungan secara strategis. Biro Hukum dan HAM GPM perlu membuat skenario yang terukur untuk menjadikan gerakan ini sebagai salah satu model untuk mewujudkan partisipasi GPM di ruang publik, khususnya dalam mengawal isu-isu lingkungan hidup.

Jika menilik berbagai dokumen gereja melalui persidangan gerejawi baik MPL maupun Sidang Sinode maka telah banyak dokumen yang memberi aksentuasi pada isu lingkungan hidup, termasuk pada PIP-RIPP GPM. Pertanyaannya, mengapa dokumen-dokumen tersebut seperti “macet” dalam proses implementasinya? Bisa jadi salah satu penyebabnya karena kapasitas sumber daya pelayan yang belum siap untuk mengeksekusi substansi dokumen tersebut.

Pada titik ini, apa yang sudah diikuti oleh 27 pendeta GPM ini dapat dimaknai sebagai penyiapan sumber daya pelayan yang memiliki kapasitas untuk menindaklanjuti peran dan partisipasi GPM dalam advokasi isu lingkungan hidup. Olehnya agenda-agenda aksi perlu dirumuskan dan segera dieksekusi agar tidak statis. Selain itu, para pendeta di Klasis-Klasis yang lain dapat mengikuti jejak yang sudah ditempuh oleh ke-27 pendeta GPM itu. Dengan begitu, ke depan makin banyak pendeta GPM yang memiliki kapasitas dalam mengadvokasi isu-isu lingkungan hidup, sehingga apa yang menjadi pesan tema tahunan benar-benar dapat diimplementasikan.

Terima kasih kepada Pdt Maryo Lawalata, M.Th (Ketua Jemaat GPM Lingat Klasis Tanimbar Selatan) yang telah berbagi informasi di Atrium Senen untuk menjadi bahan dasar merajut tulisan ini.

 

Penulis : Pendeta Rudy Rahabeat
Editor  : Media Center GPM

2,929 total views, 215 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Pidato Ketua MPH Sinode GPM Pada Sidang MPL 39 di Jemaat Anugerah Wayaloar

Number of View: 0In Memoriam sekaligus Pidato Ketua MPH Sinode GPM: Hormat kami kepada Bapak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *