Home / GPM Terkini / Rapat Kerja Tahunan Ke XV YPPK Dr J B Sitanala di Jemaat Pandan Kasturi

Rapat Kerja Tahunan Ke XV YPPK Dr J B Sitanala di Jemaat Pandan Kasturi

Number of View: 0
[Ambon, sinodegpm.org] – Rapat Kerja Tahunan Ke XV YPPK DR J B SITANALA berlangsung sejak 9-10 oktober 2017 di gedung Gereja Efrata Jemaat Pandan Kasturi Klasis Pulau Ambon Timur. Raker YPPK Dr J B Sitanala merupakan agenda tahunan berdasarkan undang-undang yayasan maka tiap tahun kerja pengurus yayasan melakukan rapat kerja tahunan untuk mepertanggung jawabkan pelaksaan program, rekomendasi juga pertanggung jawaban realissi anggaran tahunan kerja serta menyusun program kerja tahunan dan anggaran belanja yayasan berdasarkan tahun kerja.

Sekolah YPPK Dr J B Sitanala tersebar pada semua medan gumulan GPM di Maluku dan Maluku Utara. YPPK Dr J B Sitanala memiliki sebanyak 441 sekolah, ketersediaan tenaga pengajar guru berjumlah 2.735 (data sementara), dan jumlah murid sebanyak 41.760 (data sementara).

Dalam sambutannya Pdt.J.Noya,.M.Th selaku Ketua Yayayasan mengatakan, “Keberhasilan yang kita capai adalah keberhasilan bersama karna berkat dan penyertaan Allah dalam usaha dan pergumulan kita, dan setiap kegagalan yang kita tuai adalah pula kegagalan kita bersama karena kelemahan” kita yang sifatnya manusiawi”.

Rapat kerja dihadiri oleh semua ketua cabang dan para utusannya, serta undangan dari unsur pemerintahan.

Mengawali rapat kerja YPPK diawali dengan ibadah serta paparan materi tentang “Meningkatkan Pengawasan Pembangunan Berjenjang” oleh Kepala BPKP Provinsi Maluku, serta kajian Tema dan Sub Tema oleh Pdt.J.Noya,M.Th.

Kita bersyukur bahwa sejak lama gereja memahami tugas dan tanggung jawab mencerdaskan manusia adalah bagian hakiki dari pelaksanaan berskala yang membebaskan manusia dari kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan dan masalah sosial lainnya ungkap Wakil Ketua MPH Sinode Pdt.P.Refialy,M.Th dalam arahannya.

Gereja melalui YPPK Dr J B Sitanala telah berperan aktif dan positif dalam upaya pencerdasan masyarakat bangsa dan negara bahkan sebelum negara Indonesia ini merdeka, namun seiring dengan tuntutan zaman ini maka kita pun harus mengakui bahwa misi Allah yang kita laksanakan khusus dalam bidang pendidikan sedang mengalami tantangan yang berat dari sisi kuantitas kita boleh bangga karena gereja melalui yayasan ini memiliki lebih dari 400 orang mulai dari TK sampai SMK /SMA yang dari sisi kualitas kita masih belum menggembirakan, tambah Refialy.

Melalui Rapat kerja yang berlangsung kurang lebih dua hari menunjukan bahwa Gereja dengan semua unsurnya terus gelisah memberikan pengembangan pada lini pendidikan, dengan harapan pada tahun 2018 menjadi lebih membaik secara kualitas dan kuantitas.

Pendidikan yang berkualitas menjadi harapan semua orang sama seperti yang dikatakan pada tema YPPK yakni “Takut Akan Tuhan Adalah Permulaan Pengetahuan” dengan sub tema kita ‘Bersama-sama memacu kualitas pendidik pada sekolah-sekolah YPPK Dr J B Sitanala untuk mencapai standar Pendidikan Nasional dengan berbasis iman Kristen, sambil merampingkan kuantitas sekolah demi efisiensi dan efektifitas pengelolaan, agar dapat diwujudkan melakui kerja selanjutnya.

Kita semua tahu melalui berita diberbagai media menyatakan “Uji kompetensi guru yang dilakukan dari waktu ke waktu ditingkat nasional menunjukan peringkat maluku yang sangat memprihatinkan, jauh dari standar pendidikan nasional. Dengan sendrinya hal itu terjadi pada sekolah-sekolah YPPK, apalagi yayasan ini hanya mengharapkan guru dari pemerintah, karena itu dalam tahumn 2018 perhatian akan kami curahkan lebih intens kepada kualitas guru. Sebagai lembaga kristen, kami tidak mempunyai pilihan lain selain mengembangkan spiritualitas Kristiani secara berbarengan dengan mewujudkan guru yang berkualitas secara intelektual maupun spiritual”, ungkap Noya untuk kemajuan YPPK kedepan.

 

2,577 total views, 36 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Peluncuran Buku Penghormatan 70 Tahun Pdt (Em)Dr IWJ Hendriks

Number of View: 0SEMUANYA UNTUK KEHIDUPAN (Catatan Kecil Untuk Buku Penghormatan 70 tahun Pdt Broery) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *