Home / GPM Terkini / JEJAK PELAYANAN FILUSUF DAN ETIKUS Pdt. (em) Dr. Henny Lourens Sapulete

JEJAK PELAYANAN FILUSUF DAN ETIKUS Pdt. (em) Dr. Henny Lourens Sapulete

Number of View: 0

Filsafat telah membuka cakrawala kita untuk memahami bahwa keabadian itu ada, dan setiap orang akan kembali ke keabadian.

Mengenang sang guru yang telah kembali ke keabadian, hanya bisa ditelusuri dari jejak-jejaknya di dunia yang fana ini. Bahwa di dunia ini ia telah mengayun langkah dan mengukir karya sebagai seorang filusuf dan juga etikus.

Kedalaman pemikirannya dipintal pula di dalam kelembutan hati dan suaranya yang teduh. Namun di situlah terlukis ketegasan dan sikap kerasnya kepada para murid agar mereka menjadi memahami dan juga menjadi mengerti bagaimana harus hidup.

Sekelumit catatan tentang pengabdian dan pelayanannya terekam dalam kertas yang hampir lapuk di Bagian Personalia Sinode GPM, sebagai berikut:
1. Tamat dari STT Jakarta (1963), dan diangkat sebagai Pendeta GPM dan ditempatkan sebagai dosen tetap pada Sekolah Teologia GPM di Ambon.

2. Tanggal 26 Februari 1971, diangkat oleh BPH Sinode GPM sebagai Pembantu Rektor I Institut Teologia GPM di Ambon.

3. Tanggal 21 Juni 1972, diberi kesempatan mengikuti tugas belajar pada STT Jakarta.

4. Tanggal 14 Mei 1974, diangkat sebagai Pembantu Rektor I Bidang Akademik pada Sekolah Tinggi Teologia GPM di Ambon.

5. Tanggal 28 Juli 1977, diberi kesempatan mengikuti tugas belajar pada GST/ATESEA di Jakarta pada program Doktor Teologia di bidang Etika.

6. Tanggal 2 Juni 1984, diangkat sebagai Rektor Sekolah Tinggi Teologia GPM di Ambon.

7. Tanggal 12 Januari 2002, diemeritasikan sebagai pegawai organik GPM dengan pangkat/golongan: Pembina Utama, Gol. IVe dengan masa kerja 38 tahun 8 bulan.

Catatan singkat itu menegaskan bahwa beliau adalah bagian dari perkembangan pendidikan teologi GPM, di masa Institut Teologi, kemudian berkembang ke STT GPM. Pada masa UKIM (1985), jejaknya terekam di kampus, sebab ia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Teologi UKIM.

Karena engkau telah kembali ke keabadian, sesungguhnya kami tidak merasa kehilangan diri dan karyamu, guru. Sebab kami pernah memilikimu sebagai pribadi cerdas, lembut tuturnya, dan tegas dalam kata dan sikap. Itu yang membuatmu abadi.

Selamat Jalan ke rumah keabadian dari mana semua datang dan akan pulang.

 

Penulis : Sekum MPH Sinode GPM

3,131 total views, 47 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Peluncuran Buku Penghormatan 70 Tahun Pdt (Em)Dr IWJ Hendriks

Number of View: 0SEMUANYA UNTUK KEHIDUPAN (Catatan Kecil Untuk Buku Penghormatan 70 tahun Pdt Broery) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *