Home / Klasis / Klasis Taniwel Gelar Lomba Cipta Menu Berbahan Pangan Lokal B2SA

Klasis Taniwel Gelar Lomba Cipta Menu Berbahan Pangan Lokal B2SA

Number of View: 0
[Taniwel, sinodegpm.org] – Klasis Gereja Protestan Maluku (GPM) Taniwel akan memasuki usia yang ke 41 pada 20/9 , menjelang usia yang baru maka Klasis menggelar beberapa kegiatan yang mengedukasi warga gereja terhadap sumberdaya alam (pangan lokal) yang sifatnya kompetisi.

Klasis GPM Taniwel memiliki pelayan perempuan  yaitu Pdt. Ny.F.Wairata-Sahertian,S.Si yang kreatif untuk mengolah pangan lokal menjadi sajian yang dapat dihidangkan. Iya juga sering diundang dibeberapa klasis untuk memberikan pelatihan bagaimana mengolah pangan lokal menjadi makanan yang sehat dan bergizi. 

Melalui panitia Hari Raya Gerejawi (PHRG) Klasis Taniwel yang diorganisir oleh Pdt.Ny.H.Mailoa,S.Th (Ketua Panitia) dan Pdt.Ny.D.Soplanit,S.Si,.M.Sc (Sekretaris Panitia) melaksanakan beberapa kegiatan salah satunya Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman disingkat B2SA.

Dalam arahannya Pdt.Z.J.Sahertian,S.Si (Ketua Klasis Taniwel) menjelaskan “Kegiatan ini diikuti oleh 22 Jemaat,  Lomba B2SA bertujuan : 1.Menggali potensi makanan khas di Jemaat-jemaat atau desa-desa dalam wilayah Taniwel yang kaya sumber daya alam, 2. Meningkatkan pemahaman warga gereja akan pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman untuk meningkatkan kualitas hidup, 3. Mendorong dan meningkarkan kreativitas warga gereja khusus ibu-ibu rumah tangga dalam memilih, menyusun dan menciptakan Menu B2SA berbasis Pangan Lokal, 4. Membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan lokal, 5. Mengangkat kembali citra makanan yang bersumber dari pangan lokal yang selama ini kalah bersaing dengan makanan modern”

Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia paling utama, karena itu pemenuhan pangan merupakan bagian dari hak azasi induvidu dan sebagai komponen dasar untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, tandas Sahertian dalam uraiannya.

Adapun dewan juri yang menilai Lomba B2SA antara lain ; Ibu A. Wairatta, ibu M Pesulima dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten SBB dan ibu Rina Tamaela/L. Ahli Gizi Puskesmas Taniwel.

Kegiatan menjelang HUT berlangsung sejak 18-19/09 hingga puncaknya tepat hari ini 20/09 pada perayaan HUT Klasis GPM Taniwel yang ditandai denga rasya syukur melalui ibadah, yang dihadiri oleh Sekretaris Umum MPH Sinode GPM Pdt.E.T.Maspaitella,M.Si, pendeta seklasis Taniwel dan undangan.

 

 

8,278 total views, 3 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Perayaan HUT Ke 93 Jemaat GPM Kamal

Number of View: 0[Kamal, sinodegpm.org] – Jemaat GPM Kamal adalah salah satu jemaat dalam wilayah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *