Home / Klasis LeMoLa / Jemaat GPM Kaiwatu / Alex Kapioru : Mewakili Maluku Diajang Perlombaan Olimpiade Sains Nasional

Alex Kapioru : Mewakili Maluku Diajang Perlombaan Olimpiade Sains Nasional

Number of View: 0

 

Sekitar pukul 09.45 pagi itu, seorang anak lelaki berusia tanggung bersama ibunya berkunjung di rumah Pastori Jemaat GPM Kaiwatu. Anak  tersebut bernama Barnabas Alexander Kapioru ikut menemani ibunya yang adalah seorang pelayan khusus GPM di Jemaat Kaiwatu. Mungkin belum banyak orang yang mengenal Alex, akan tetapi ia telah menorehkan namanya sebagai salah satu anak Maluku yang berprestasi. Alex adalah siswa Sekolah Dasar yang mewakili Provinsi Maluku dalam perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Pekanbaru, Riau pada tanggal 02-08 Juli 2017. Kedatangannya di Pastori ternyata ia sempatkan di sela-sela waktu persiapannya untuk mengikuti perlombaan tingkat nasional tersebut. Alex adalah salah seorang siswa kelas VI yang bersekolah pada SD Kristen YPPK Dr. J.B. Sitanala, Kaiwatu. Ia merupakan putra pertama dari pasangan Bapak Brampi Kapioru dan Ibu Imelda Wadu Rohi. Menurut orang tuanya, Alex memang dikenal sebagai anak yang tekun belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang besar akan banyak hal, terutama dalam bidang sains dan matematika. Ia juga selalu memeroleh prestasi yang membanggakan semenjak kelas I SD.

Pengalaman Yang Selalu Disyukuri

Ketika berkunjung ke Pastori beberapa waktu silam, Alex menceritakan pengalamannya mengikuti seleksi yang mengantarkannya sebagai Juara I tingkat Provinsi dan berhak mewakili Maluku di ajang yang sama pada tingkat Nasional. Alex menjadi perwakilan sekolah bersama beberapa temannya untuk mengikuti seleksi pada tingkat kecamatan dan dinyatakan lolos seleksi pada tingkat kabupaten. Alex menceritakan sebenarnya ia tidak terlalu banyak berharap pada seleksi di tingkat kabupaten sebab pada saat yang sama ia juga sementara mengikuti seleksi pada jenis perlombaan lain di bidang matematika. Namun, ternyata Alex justru lolos mewakili kabupaten untuk lomba sains dan di saat yang hampir bersamaan ia tidak lolos seleksi perlombaan matematika. Semuanya itu ia syukuri sebagai cara Tuhan memberikan jawaban atas seluruh ketekunannya.

Alex kemudian mewakili Kabupaten Maluku Barat Daya untuk mengikuti perlombaan Olimpiade Sains tingkat Provinsi di Ambon, dan tak disangka pula ketekunan Alex membuahkan hasil yang menggembirakan. Anak berusia 11 tahun itu dinyatakan sebagai Juara I menyisihkan peserta terbaik lainnya dari berbagai kabupaten/kota di Maluku. Singkat cerita, Alex yang juga memiliki cita-cita  menjadi seorang Pendeta ini berhak mewakili Provinsi Maluku bersama salah seorang temannya pada ajang Olimpiade Sains Nasional yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Pengalaman yang selalu ia syukuri, terutam a kepada Tuhan yang telah menganugerahkan kesempatan  kepadanya dan telah menjawab doa dan ketekunannya. Alex juga bersyukur memiliki guru-guru yang dengan setia serta telaten membimbingnya, memberikan motivasi kepadanya walaupun di tengah keterbatasan sarana-prasarana pendidikan di sekolah. Anak yang lahir pada tanggal 13 Juni 2006 ini juga bersyukur memiliki orang tua yang selalu mengontrol waktu belajarnya, menjadikannya sebagai anak yang disiplin. Ia tidak pernah merasa bosan jika ditegur dan dinasehati oleh orang tuanya untuk terus giat belajar, sebab justru itulah yang ia harapkan. Tak lupa, Alex juga berterima kasih kepada gereja yang selalu mengingatkan anak-anak di lingkup jemaat termasuk dirinya untuk terus belajar (melalui program wajib belajar malam) agar tidak menjadi penonton di kemudian hari.

Manfaatkan Waktu Belajar Secara Bertanggung Jawab

Dari seluruh pengalaman yang telah ia lewati, Alex ternyata punya pesan dan harapan yang hendak ia sampaikan. Mengawali harapannya, Alex merasa bahwa walaupun berada pada daerah yang jauh dari pusat kota Provinsi bahkan pusat ibukota negara ini, namun dengan kesungguhan dan keyakinan bahwa semua anak diberikan anugerah kecerdasan yang sama baiknya dari Tuhan maka ia bersama teman-temannya yang berada di daerah terdepan NKRI ini pun dapat menggapai prestasi yang membanggakan. Ia juga berharap ada perhatian yang merata dari pemerintah terkait dengan pendidikan di daerah-daerah seperti tempat ia berada saat ini.

Harapan bagi seluruh teman-temannya adalah manfaatkan waktu belajar sebaik mungkin, jangan malas apalagi bolos sekolah, sebab semua anak memiliki kesempatan memperoleh prestasi yang baik. Ia menambahkan bahwa jika kita semua rajin belajar maka kita akan diberkati dan memperoleh masa depan yang hebat. Alex tidak pernah dibekali dengan berbagai jenis kursus ataupun les tambahan  beberapa mata pelajaran seperti kesempatan yang diperoleh oleh anak-anak di perkotaan saat ini, namun ia tidak patah semangat untuk terus belajar dan belajar. Dan itulah yang ia harapkan dapat dipraktekan juga oleh teman-temannya baik di daerah-daerah yang jauh dari sarana-prasarana pendidikan yang memadai dan (apalagi) bagi teman-teman yang berada di pusat perkotaan yang telah memiliki kesempatan untuk menikmati fasilitas pendidikan yang berkualitas. “Tidak ada yang tidak bisa kita raih, asalkan kita mau berusaha (tekun dan rajin), Tuhan pasti memberkati” kata Alex mengakhiri percakapan singkat pagi itu. Teruslah meraih prestasi tertinggi dan jadilah teladan bagi banyak orang serta raihlah cita-cita yang diharapkan. Kalwedo! (JJ)

 

Penulis    : Pdt.J.C.Joltuwu,S.Si,.M.Pd - Ketua Majelis Jemaat Kaiwatu
Klasis     : Leti Moa Lakor

 

4,149 total views, 4 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Christmas Sharing – Jemaat GPM Tiakur Klasis Lemola

Number of View: 0[Tiakur, sinodegpm.org] – Menyongsong Natal Kristus Panitia hari-hari besar gerejawi (PHHBG)  Jemaat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *