Home / Institut Leimena / Refleksi Hidup Berbangsa: Membayar Pajak dengan Sukacita, Bisakah?

Refleksi Hidup Berbangsa: Membayar Pajak dengan Sukacita, Bisakah?

Number of View: 0

Yoas, raja Yehuda, bermaksud untuk memperbaiki rumah Allah di Yerusalem karena rumah Allah telah rusak, bahkan barang-barang kudusnya telah dipakai untuk para Baal.  Untuk itu, dipungutlah pajak.  “Maka bersukacitalah semua pemimpin dan seluruh rakyat; mereka datang membawa pajaknya dan memasukkannya ke dalam peti itu sampai penuh.” (2 Tawarikh 24:10)  Kewajiban membayar pajak ditanggapi dengan sukacita oleh semua pemimpin dan seluruh rakyat.  Sikap yang patut diteladani..!!!

Pajak adalah cara untuk berbagi demi kepentingan bersama. Kalau bayar pajak itu adalah perwujudan dari mengasihi Tuhan dan sesama manusia,  maka bayar pajak itu kudus dong…..!!!  Tak heran bayar pajak harus ditanggapi dengan sukacita. Kayaknya untuk orang jaman sekarang, ini aneh yha…  bayar pajak…koq…sukacita..!!!  Mungkin sudah waktunya kita melihat pajak bukan sebagai beban…!! Bisakah..?? (BHS)

7,917 total views, 201 views today

About Institut Leimena

Institut Leimena adalah lembaga non profit dengan misi: “Mengembangkan peradaban Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan peradaban dunia yang menjunjung tinggi harkat manusia, melalui kerjasama dalam masyarakat yang majemuk.” Kami percaya bahwa nilai-nilai keagamaan merupakan bagian integral sebagai landasan moral, etik, dan spiritual untuk membangun bangsa dan negara Indonesia serta dunia yang lebih baik. Dalam semangat kebersamaan dan kemajemukan, kami berusaha agar para pemimpin agama bersama dengan para pemimpin publik, baik di Indonesia maupun di dunia, dapat bekerjasama dalam mengisi landasan moral, etik dan spiritual tersebut. Hal ini dilakukan dengan senantiasa menghormati dan menjaga keberagaman dan kesetaraan dalam masyarakat.

Check Also

Refleksi Hidup Berbangsa: Hai Istri Pejabat, Dengarlah!

Number of View: 0Yoram, anak raja Yosafat, menggantikan ayahnya menjadi raja Yehuda.  Apa yang dilakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.