Home / Institut Leimena / Refleksi Hidup Berbangsa: Gotong Royong untuk Menolong yang Butuh

Refleksi Hidup Berbangsa: Gotong Royong untuk Menolong yang Butuh

Number of View: 0

Pada waktu bangsa Israel masih di padang gurun Sinai, Tuhan sudah mempersiapkan  bangsa ini untuk memperhatikan masalah social welfare (kesejahteraan sosial): “Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya,…. , tetapi semuanya itu harus kautinggalkan bagi orang miskin dan bagi orang asing;…..”  (Imamat 19:9-10)  Orang miskin dan orang asing harus diperhatikan oleh setiap pemilik ladang…..tanpa terkecuali!!!  Pemilik ladang nggak boleh serakah lho…..bagus sekali yha…!!

Sistem kesejahteraan sosial yang diperintahkan Tuhan ini bukan bergantung pada inisiatif pemerintah tetapi bergantung pada partisipasi warga masyarakat. Inilah prinsip gotong-royong dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.  Yang merasa “pemilik ladang”, bagi-bagi dong ke yang membutuhkan….!!!  Mau..??? (BHS)

1,448 total views, 75 views today

About Institut Leimena

Institut Leimena adalah lembaga non profit dengan misi: “Mengembangkan peradaban Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan peradaban dunia yang menjunjung tinggi harkat manusia, melalui kerjasama dalam masyarakat yang majemuk.” Kami percaya bahwa nilai-nilai keagamaan merupakan bagian integral sebagai landasan moral, etik, dan spiritual untuk membangun bangsa dan negara Indonesia serta dunia yang lebih baik. Dalam semangat kebersamaan dan kemajemukan, kami berusaha agar para pemimpin agama bersama dengan para pemimpin publik, baik di Indonesia maupun di dunia, dapat bekerjasama dalam mengisi landasan moral, etik dan spiritual tersebut. Hal ini dilakukan dengan senantiasa menghormati dan menjaga keberagaman dan kesetaraan dalam masyarakat.

Check Also

Refleksi Hidup Berbangsa: Sstttt…Diam! Tuhan yang Belain…!!

Number of View: 0Pada waktu bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan Mesir, maka Firaun dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *