Home / Institut Leimena / Refleksi Hidup Berbangsa: Kalau Mayoritas Menghendaki Bagaimana..??!

Refleksi Hidup Berbangsa: Kalau Mayoritas Menghendaki Bagaimana..??!

Number of View: 0

Inilah perintah TUHAN kepada bangsa Israel di padang gurun Sinai: “Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum.” (Keluaran 23:2) Turut-turut kebanyakan orang artinya selalu mengikuti kemauan suara terbanyak.  Apakah ini selalu betul…???  Kalau jahat dan membelokkan hukum, walaupun dikehendaki oleh mayoritas orang, tetaplah itu salah di hadapan Tuhan.

Senada dengan Firman Tuhan itu, Indonesia bukanlah negara demokrasi yang cuma mendasarkan keputusannya pada suara terbanyak (bukan majoritarian democracy).  Di Indonesia, proses demokrasi harus taat hukum (nomokrasi). Jadi, bila melanggar hukum, walaupun suara terbanyak menghendaki, itu tetap salah.  Jadi tetap belalah kebenaran dan taati hukum…!!! Berani nggak….??? (BHS)

2,497 total views, 19 views today

About Institut Leimena

Institut Leimena adalah lembaga non profit dengan misi: “Mengembangkan peradaban Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan peradaban dunia yang menjunjung tinggi harkat manusia, melalui kerjasama dalam masyarakat yang majemuk.” Kami percaya bahwa nilai-nilai keagamaan merupakan bagian integral sebagai landasan moral, etik, dan spiritual untuk membangun bangsa dan negara Indonesia serta dunia yang lebih baik. Dalam semangat kebersamaan dan kemajemukan, kami berusaha agar para pemimpin agama bersama dengan para pemimpin publik, baik di Indonesia maupun di dunia, dapat bekerjasama dalam mengisi landasan moral, etik dan spiritual tersebut. Hal ini dilakukan dengan senantiasa menghormati dan menjaga keberagaman dan kesetaraan dalam masyarakat.

Check Also

Refleksi Hidup Berbangsa: Sstttt…Diam! Tuhan yang Belain…!!

Number of View: 0Pada waktu bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan Mesir, maka Firaun dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *