Home / Institut Leimena / Refleksi Hidup Berbangsa: Separuhnya Benar, Yang Separuh Lainnya?

Refleksi Hidup Berbangsa: Separuhnya Benar, Yang Separuh Lainnya?

Number of View: 0

Rasul Yohanes menulis kepada seorang ibu: “Aku sangat bersukacita, bahwa aku mendapati, bahwa separuh dari anak-anakmu hidup dalam kebenaran…...”  (2 Yohanes 1:4)  Lho….bagaimana anak-anak yang separuh lagi? Hidup tidak benar? Mungkin saja!!   Bukannya ditegur tapi dipuji! Koq yha bisa Rasul Yohanes bersikap begitu positif terhadap ibu itu yha…. Ini patut diteladani.!! Jangan hanya selalu lontarkan kritik dan teguran pedas!  Berikan juga dorongan (encouragement) yang membesarkan hati!!  Wah…kayaknya harus dilatih tuch…!!

Sebagai warganegara yang bertanggung jawab, ayo kita belajar memberi encouragement dan belajar memberi komentar yang positif!  Kurangi kritik pedas apalagi saling hujat!  Ini juga esensi sila ke 1 Pancasila dimana KeTuhanan ditunjukkan secara berkebudayaan.  Maukah kita? (BHS)

1,324 total views, 1 views today

About Institut Leimena

Institut Leimena adalah lembaga non profit dengan misi: “Mengembangkan peradaban Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan peradaban dunia yang menjunjung tinggi harkat manusia, melalui kerjasama dalam masyarakat yang majemuk.” Kami percaya bahwa nilai-nilai keagamaan merupakan bagian integral sebagai landasan moral, etik, dan spiritual untuk membangun bangsa dan negara Indonesia serta dunia yang lebih baik. Dalam semangat kebersamaan dan kemajemukan, kami berusaha agar para pemimpin agama bersama dengan para pemimpin publik, baik di Indonesia maupun di dunia, dapat bekerjasama dalam mengisi landasan moral, etik dan spiritual tersebut. Hal ini dilakukan dengan senantiasa menghormati dan menjaga keberagaman dan kesetaraan dalam masyarakat.

Check Also

Refleksi Hidup Berbangsa: Resep untuk Runtuh

Number of View: 0Dari dalam penjara di Roma, Rasul Paulus mengingatkan:   “Tetapi mereka yang ingin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *