Home / Artikel / Semangat Pencerdasan dan Pembaharuan di Bumi Maluku

Semangat Pencerdasan dan Pembaharuan di Bumi Maluku

Number of View: 0
Oleh Institut Leimena

Pada tanggal 17-22 November 2013 lalu dilaksanakan persidangan ke-35 Majelis Pekerja Lengkap (MPL) Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) di Uwen Gabungan, Pulau Seram, Maluku. Tim Institut Leimena yang terdiri dari Maruarar Siahaan (Mantan Hakim Konstitusi RI (2003-2009), Chairman Legal and Judicial Studies Taskforce Institut Leimena), Matius Ho, dan Viona Wijaya ikut menghadiri acara akbar yang menghimpun seluruh pimpinan jemaat se-Maluku. Tim tiba di Uwen Gabungan pada tanggal 17 November 2013 dan disambut oleh Ketua Sinode, Pdt. Dr. J. Chr. Ruhulessin, M.Si., mengikuti rangkaian kegiatan pada hari tersebut dan membawakan sesi keesokan harinya, 18 November 2013.

Persidangan yang bertema, “Tuhan Itu Baik Kepada Semua Ciptaan”, dengan sub-tema, “Mencerdaskan Umat untuk Bersama-sama Melakukan Tugas Pembaruan dalam Kehidupan Bergereja, Bermasyarakat dan Berbangsa” tersebut diikuti dengan sangat antusias oleh peserta persidangan yang kurang lebih berjumlah 300 orang.  Institut Leimena membawakan sesi Kepemimpinan Publik dan Hak Ulayat. Sesi ini mendapat respon yang sangat baik dari peserta, ditunjukkan dengan  peserta aktif bertanya dan menyampaikan gagasan-gagasannya.

Persoalan kepemimpinan publik dan hak ulayat memang merupakan masalah aktual yang sedang dihadapi masyarakat Maluku. Berbagai kasus yang sedang terjadi di daratan Maluku misalnya kasus Pulau Aru yang sekitar ¾ lahannya direncanakan akan dialihfungsikan menjadi kebun tebu membuat banyak pihak gelisah utamanya masyarakat hukum adat setempat.

Derasnya arus pembangunan yang memasuki bumi Maluku membutuhkan pemimpin-pemimpin yang mampu bersikap bijak dalam mengambil keputusan-keputusan. Di sisi lain, situasi ini juga meneguhkan bahwa pencerdasan masyarakat sangat dibutuhkan. Panggilan inilah yang hendak dijawab oleh GPM supaya gereja dapat ikut berperan mengurai permasalahan-permasalahan sosial yang ada bersama-sama dengan masyarakat lain dengan tetap memerhatikan batasan-batasan yang dimiliki gereja.

Semangat pencerdasan dan pembaruan yang diserukan GPM bagi bumi Maluku selayaknya menjadi inspirasi bagi gereja-gereja di seluruh Indonesia. Dengan demikian, benarlah gereja dapat menjadi garam dan terang dunia dalam kehidupan bergereja, bermasyarakat, dan berbangsa!

1,319 total views, 1 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Pelatihan Wira Usaha Baru Kepada Warga Binaan di Rutan Saumlaki

Number of View: 0Pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) Pembuatan Mebel (MEJA–KURSI) Bambu dan Pring Lidi …

One comment

  1. I have read some good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you put to create such a wonderful informative website.




    0



    0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.