Home / GPM Terkini / Negeri Kamarian Menyerahkan Sebidang Tanah Kepada Gereja Protestan Maluku

Negeri Kamarian Menyerahkan Sebidang Tanah Kepada Gereja Protestan Maluku

Number of View: 0

[Kamarian, sinodegpm.org] – Hari ini, 20/8 Pemerintah Negeri Kamarian menyerahkan sebidang tanah bagi Gereja Protestan Maluku (GPM), untuk pembangunan pusat pembinaan umat Klasis GPM Kairatu.

Anak dan Remaja GPM adalah asset gereja masa depan, karena itu pembinaan terhadap anak dan remaja GPM menjadi langkah penting dan strategis dilakukan oleh gereja di semua aras. Bukan berarti bahwa pembinaan terhadap kategori bina umat lainnya seperti pemuda, laki-laki, perempuan, warga gereja profesi, warga gereja senior tidak penting. Tetapi pembinaan kepada Anak Remaja, mesti mendapat perhatian dan porsi yang lebih, karena merekalah yang akan menentukan arah dan masa depan gereja ini.

Saat mereka menjadi warga gereja dewasa nanti. Bila salah membina mereka maka kita gagal menciptakan generasi gereja di masa depan yang berkualitas dan tentu berimplikasi terhadap eksistensi GPM di waktu mendatang.

Salah satu bentuk Pembinaan terhadap Anak Remaja GPM di Klasis Kairatu adalah kegiatan Bakudapa Anak dan Remaja, yang telah menjadi agenda tetap 3 tahunan.

Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan Bakudapa Anak dan Remaja I tahun 2014 di Jemaat GPM Seruawan dan II tahun 2017 di Jemaat GPM Rumahkay, maka dirasakan perlu untuk membangun suatu pusat pembinaan umat di tingkat Klasis, yang tidak saja digunakan untuk kebutuhan pembinaan anak dan remaja, tetapi juga untuk pemuda, laki-laki dan perempuan serta berbagai kegiatan pembinaan lainnya.

Gagasan untuk memiliki sebuah pusat pembinaan anak dan remaja yang permanen di Klasis GPM Kairatu ini, pertama kali disampaikan Ketua Klasis Pdt. Jan.Z.Matatula, S.Th. dalam arahan penutupan Badar I di Jemaat GPM Seruawan tahun 2014 dan direspons oleh Raja Negeri Kamarian, Bapak J. Kainama, S.Sos. M.Si yang hadir dalam acara tersebut, dan berjanji untuk memberikan sebidang tanah negeri Kamarian bagi pembangunan Pusat Pembinaan tersebut.

Hari ini dalam ibadah minggu yang dilayani oleh Pdt. Drs. A.J.S. Werinussa, M.Si, di gedung gereja Karmel, raja negeri Kamarian memenuhi janjinya. Dihadapan masyarakat dan jemaat GPM Kamarian selepas ibadah minggu, dilakukan penandatanganan Surat pembebasan tanah negeri Kamarian seluas 2 ha yang berlokasi di Lokun, masing-masing oleh Raja Negeri Kamarian, Ketua BPD Kamarian, Ketua Majelis Jemaat GPM Kamarian dan Ketua MPH Sinode GPM.

Selanjutnya Surat Pembebasan tanah tersebut diserahkan raja negeri Kamarian Bpk. J. Kainama, S.So. M.Si kepada Ketua MPH Sinode GPM Pdt. Drs. A.J.S. Werinussa, M.Si. dan kemudian Ketua MPH Sinode menyerahkannya kepada Ketua Klasis GPM Kairatu untuk digunakan sesuai peruntukannya.

Dalam sambutannya, raja negeri Kamarian mengharapkan agar tanah ini dapat digunakan oleh GPM, khususnya Klasis GPM Kairatu dengan sebaik-baiknya bagi pembinaan umat GPM.

Sementara Ketua MPH Sinode dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Negeri Kamarian dan seluruh masyarakat Kamarian atas pemberian ini. Beliau memaknainya sebagai tanda rasa peduli masyarakat dan negeri Kamarian terhadap pelayanan yang dilakukan Gereja Protestan Maluku. Tuhan Yesus memberkati seluruh masyarakat dan umat di jemaat dan negeri Kamarian Amalohy, ungkap Ketua Sinode diakhir sambutannya.

 

Penulis   : Pdt.J.Matatula,S.Si Ketua Klasis Kairatu

5,298 total views, 1 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Dua Anak GPM Meraih Lulusan Terbaik di UKSW

Number of View: 0[Ambon, sinodegpm.org] – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali mewisudakan para wisudawan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.