Penataran Sekretaris, Administrasi Serta Pelatihan Sinfo GPM, dan ICT

Number of View: 0

SinodeGPM.Org 27 September 2013- Ma

Penataran Sekretaris dilakukan pada rayon 2 dan 3 dalam Klasis Masohi GPM bagi para pendeta dan majelis jemaat yang berlangsung pada tanggal 27 september 2013. Klasis Masohi merasa hal ini sangat penting bagi pengembangan pelayanan adminstrasi gerejawi, kegiatan penataran sekretaris dibagi menjadi 3 (tiga) sesi, 1. Tugas Sekretaris Jemaat, 2. Administrasi Gereja, 3.Sinfo GPM, 4. ICT (Information and Communication Technologies). Kegiatan ini berlangsung di Jemaat GPM Samasuru.

Ketua Klasis GPM Masohi, Pdt.S.Latuny,S.Si
Ketua Klasis GPM Masohi, Pdt.S.Latuny,S.Si

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini, sesi demi sesi tidak terlewatkan sedikitpun oleh para peserta penataran. Sesi pertama dan kedua dimoderasi oleh Pdt.Th.Werinussa,S.Th. Sementara dalam sambutannya Ketua Klasis Masohi GPM Pdt.S.Latuny,S.Si menyampaikan bahwa, kami sadar  proses administrasi bagi para sekretaris merupakan unsur yang penting guna menunjang pelayanan bergereja secara keseluruhan. Untuk itu diharapkan bagi semua peserta agar dapat mengikuti proses penataran ini dengan serius, mengingat perkembangan Pengetahuan serta Teknologi yang terus berkembang. Jadi kita selaku para Pelayan Khusus dapat terbuka menerima perkembangan secara kritis untuk dapat menunjang pelayanan bergereja. Kemudian dilanjutkan dengan sesi berikutnya.

Kanan, Fasilitator Pdt.M.Pattirane,S.Si & Kiri, Moderator Pdt.Th.Werinussa,S.Th
Kanan, Fasilitator Pdt.M.Pattirane,S.Si & Kiri, Moderator Pdt.Th.Werinussa,S.Th

Fasilitator pada sesi kedua  oleh Pdt.M.Pattirane,S.Si dengan topik Administrasi Gereja. Dalam paparannya Pattirane menjelaskan secara teoritis dalam pengantarnya tentang administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (Wikipedia). Pattirane menyatakan bahwa proses pengarsipan secara digital harus diperhatikan dikarenakan dunia sekarang adalah dunia yang suda terkomputerisasi oleh sebab itu pengarsipan keluar masuk dan lain sebagainya harus ada backup dalam bentuk digital dan juga manual (bentuk fisik) Tegas Pattirane Ketua Majelis Jemaat GPM Liang Klasis Masohi.

Kiri, Moderator. Pdt.A.Maitimu,S.Th & Kanan, Fasilitator Rudolof.Tupan.SE
Kiri, Moderator. Pdt.A.Maitimu,S.Th & Kanan, Fasilitator Rudolof.Tupan.SE

Tepat pukul 01.00 WIT sesi kedua berakhir dan dilanjutkan dengan makan siang bersama yang telah disediakan oleh jemaat di Samasuru. Setelah selesai makan siang dilanjutkan lagi dengan sesi berikutnya. Pada sesi ketiga dimoderasi oleh Pdt.A.Maitimu,S.Th tentang Sistem Informasi (Sinfo) GPM yang dibawakan Oleh Bapak Rudolf.Tupan.SE yang adalah praktisi IT dan pembuat (programmer) SInfo GPM, dalam sesi ini Rudy mendemokan Aplikasi Sinfo GPM terbaru yang direvisis sesuai Renstra GPM. Rudy mendemokan beberapa hal penting  yang menjadi perubahan-perubahan dari Aplikasi Sinfo GPM versi yang lalu. Rudy mengatakan bahwa Aplikasi Sinfo GPM ini suda diperkenalkan sejak Tahun 2005 dimana pada waktu itu digunakan di jemaat GPM Passo, dan sejak itu terjadi kordinasi kerja sama dengan Ketua Sinode GPM dan disetujui untuk menjadi standar Database GPM yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pendataan Jemaat.  Jadi pada Sinfo GPM terbaru ada dua versi, 1.Versi Jemaat, 2. Versi Klasis. Ini merupakan sebuah kemajuan pesat dari sisi Sistem Informasi GPM, dan disayangkan jika aplikasi brilian ini tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh jemaat sebab sifat aplikasinya berbasis Dekstop yang bisa di akses tanpa koneksi internet. Sesi ketigapun selesai.

IMG_8965
Fasilitator. Maryo.Indra.Manjaruni.M.Cs

Pada sesi Keempat dimoderasi oleh Pnt.Th.Tiwery, dengan topic ICT (Information and Communication Technologies) yang dibawakan oleh Maryo.Indra.Manjaruni.M.Cs. Maryo memberikan pengantar awal dengan memperhatikan sandaran bergereja yakni pada acuan PIP/RIPP GPM dimana terdapat 19 problematika yang dihadapi oleh GPM, salah satunya adalah Media. Dalam pelatihan ini Maryo melihat hal ini merupakan salah satu langkah maju awal untuk memperkenalkan Teknologi Informasi dengan baik oleh para Pelayan khusus GPM. Maryo menjelaskan tentang akses internet,  komunikasi, social network, karena semua itu berhubungan dengan pelayanan. Kemudian dilanjutkan latihan atau praktek bersama membuat e-Mail bagi seluruh Pendeta dan Skretaris pada saat itu. Mengapa tujuan awal adalah e-Mail? karena surat elektronik dapat mengefisiensikan kinerja kerja. Bagi Maryo ini adalah salah satu langkah awal untuk dapat masuk lagi pada langkah-langkah selanjutnya. Maryo juga menegaskan di akhir materinya bahwa perlu ada pemahaman zaman sebab generasi baru berhadapan dengan budaya berbeda serta perjumpaan gereja dan generasi baru indikasi Gereja yang dinamis dan kontekstual dapat diperhatikan.

Selesainya keempat sesi tersebut diharapkan dapat memberikan warna baru dalam kehidupan bergereja  Pada Klasis GPM Masohi sehingga para Pelayan Khusus dapat bertumbuh.

Foto Lainnya Klik Album

2,176 total views, 3 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

3 thoughts on “Penataran Sekretaris, Administrasi Serta Pelatihan Sinfo GPM, dan ICT

  • 19/10/2013 at 5:07 pm
    Permalink

    Terus Berkarya, berbakti Untuk Masa Depan GPM Bu Al

  • 06/06/2018 at 9:15 am
    Permalink

    I was looking at some of your posts on this internet site and I conceive this web site is rattling informative! Continue putting up.

  • 14/09/2018 at 1:47 am
    Permalink

    Your post on Penataran Sekretaris, Administrasi Serta Pelatihan Sinfo GPM, dan ICT – Sinode Gereja Protestan Maluku is very good. We hope u can continue posting many lot blog soon. Long live sinodegpm.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.