Tubuh Kecil Meraih Gelar Sarjana Ekonomi

Number of View: 0

[Ambon, sinodegpm.org] – Sekalipun memiliki tubuh kecil, tidak mengecilkan semangat untuk meraih gulungan kertas yang menuliskan indeks prestasi sebagai tanda pengakuan seorang sarjana pada salah satu Universitas Kristen di Maluku, sebanyak 200 orang diwisudakan oleh rahim akademik Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) 30/04/2017.

Hendri Vander Eugara,SE adalah salah satu wisudawan UKIM, Putra Moa kelahiran 1992 pertama kali menginjakan kakinya menjadi seorang mahasiswa di kampus “Orang Basudara” di Talake – Ambon Pada Fakultas Ekonomi jurusan Ekonomi Pembangunan sejak tahun 2012.

Sebelumnya Hendri  melalui masa kecilnya di Moa Jemaat GPM Tounwawan, Ia memutuskan untuk belajar meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya menjadi lebih bermutu sejak akhir tahun 2011.

Keterbatasan fisiknya tidak mengurungkan niatnya  menjadi orang dengan segudang pengetahuan yang memiliki masa depan. Katanya untuk dapat membahagiakan kedua orang tua.

Sebagai petani di Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Jemaat GPM Tounwawan adalah profesi orang tua Hendri. Tidak bisa dipungkiri selama berkuliah Hendri kadang mengalami keterlambatan dana (uang semster dan biaya hidup).

Hendri hidup bersama saudara laki-lakinya yang bernama Beli, profesi Beli sehari-harinya sebagai pengendara jasa ojek selama di Ambon.

Hendri adalah anak ke enam dari tujuh bersaudara membuktikan niatnya kemarin 30/04/2017 dengan waktu kuliah yang ditempuh 4 tahun 6 bulan meraih Gelar Sarjana Ekonomi meraih Indeks Prestasi (IP) 3,57.

Konteks Moa merambah pikirannya mengagas ide Skripsi yang ditulis dengan Judul  “Analisis Usaha Ternak Kerbau Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga”, digagas untuk mengetahui bagaimana usaha ternak terhadap peningkatan Ekonomi Keluarga di Moa dengan menggunakan Metode Analisis Kuantitatif.

Sekalipun bertubuh kecil tetapi karya pengetahuannya tidak kecil, Hendri mampu mempertahankan karya intelektualnya pada meja sidang skripsi yang diuji oleh Para Penguji antara lain Paulus.Rikumahu,.SE,.M.Si Dosen yang mengampuh mata kuliah (Perekonomian Indonesia, Kewirausahaan, Metodologi penelitian dan ekonomi dan sumberdaya manusia) dan Robby Lakatua,.SE,.M.Si – mengampu mata kuliah (Ekonomi Sumberdaya Alam).

Lulus dengan hasil yang memuaskan saat yudisum setelah ujian, ia memperoleh Nilai A setelah berhasil mempertanggungjawabkan karya ilmiahnya kepada para penguji dan di depan pembimbingnya S.Y Purimahua,.SE,.M.Si.

“Teruslah belajar untuk masa depan dan tetap semangat, tetap maju dan jangan menyerah”, ungkap Purimahu pembimbing skrispi Hendri.

Terus membudidayakan kerbau Moa menjadi komoditi daging Nasional yang menunjang program pemerintah, kata Purimahua (mantan Pembantu Rektor (PR) IV Periode 2009-2013) menambahkan.

Keterlibatan dalam Organisasi AMGPM Ranting Teofani cabang Pancaran Kasih, serta Persekutuan Mahasiswa Lemola menjadi tanggung jawab pelayanannya.

Berharap keterbatasan tubuh yang kecil,  semoga tidak menjadi salah satu indikator untuk tidak diterima bekerja pada saat mencoba memasukan lamaran kerja dimana saja, jika penyedia lapangan kerja melakukan hal tersebut maka mereka telah membunuh mimpi dan harapan saya yang telah berjuang untuk hidup, Ungkap Hendri penuh harapan.

Hendri telah berjuang dengan keterbatasan fisiknya, untuk memperoleh gelar kesarjanaannya, ia adalah sosok yang ingin diperlakukan sama dimata semua orang.

Ia telah membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang untuk  merambah ruang-ruang akademik, ia menaklukannya.

13,480 total views, 3 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

One thought on “Tubuh Kecil Meraih Gelar Sarjana Ekonomi

  • 06/06/2018 at 9:51 am
    Permalink

    I like what you guys are up also. Such smart work and reporting! Keep up the superb works guys I¦ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my site 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.