Home / Wycliffe / Tujuan Penerjemahan Alkitab Oleh Wycliffe

Tujuan Penerjemahan Alkitab Oleh Wycliffe

Number of View: 0
[Ambon, sinodegpm.org] – Medan gumul pelayanan Gereja Protestan Maluku (GPM) tersebar pada 32 Klasis  di Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku utara. GPM sebagai gereja pulau-pulau memiliki cirikhas eklesiologi yang unik, salah satunya adalah eklesiologi GPM sebagai Gereja Orang Basudara. Karakteristik jemaat pulau-pulau membentuk karakter, cara berpikir, dan cara memahami melalui komunikasi bahasa lokal. Bahasa lokal menjadikan konteks beridentitas maka tidak salah jika melekatkan bahasa sebagai jembatan komunikasi jemaat atau masyarakat setempat.

Bagaimana jemaat dapat menjadi intim dalam memahami Tuhan dan mengenal Tuhan ? ya, salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahasa setempat atau bahasa ibu mereka. Bahasa sebagai perekat dalam melakukan interaksi komunikasi melalui perjumpaan manusia dengan manusia maupun pembaca dengan objek buku yang dibaca (Alkitab). Alkitab dikelolah berwujud bahasa setempat tanpa mengurangi arti atau makna terjemahan Alkitab dalam bentuk terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI). Wycliffe mengubah bentuk berbahasa Indonesia menjadi bahasa lokal. Karena bahasa dapat mendekatkan secara emosional, mereka yang membaca Alkitab dalam bahasa lokal akan merasakan seakan-akan konteks teks adalah kejadian-kejadian yang ada atau sedang terjadi atau yang pernah terjadi disekeliling mereka.

Proses penerjemahan Alkitab yang dilakukan atas kerja sama Wycliffe dan Sinode GPM telah menghasilkan 4 bahasa yang sudah diterjemahkan dari Kitab Perjanjian Baru (PB) yaitu Bahasa Luang (Babar), Fordata (Fordata), Alune (Seram Bagian Barat) dan Kisar. Sementara penerjemahan kitab Perjanjian Lama (PL) sementara dalam proses pengerjaan, antara lain dalam bahasa: Fordata (Tanimbar) dan Alune. Proses yang panjang dilakukan untuk menghimpun isi menjadi bacaan sarat konteks menjadi bentuk yang kontekstual.

Tujuan penerjemahan Alkitab dalam berbagai bahasa daerah di Maluku salah satunya adalah menghidupkan bahasa daerah tersebut tetapi ada aspek pengajaran menjadi nilai dasar penerjemahan, nilainya adalah Supaya Firman Tuhan Dapat Dirasakan Secara Langsung, Menyentuh Dan Hidup Dalam Dialektika Masyarakat Lokal (bahasa lokal mendekatkan konteks teks secara batin kepada para pembaca daerah setempat), transformasi atau perubahan perilaku setelah membaca Firman Tuhan menjadi tujuan utama mengaka Wycliffie menerjemahkan Alkitab dalam berbagai bahasa lokal dalam lingkup gumulan GPM.

Salah satu bahasa yang diterjemahkan dan dikemas dalam berbagai bentuk cerita Alkitab adalah Bahasa Tela adalah salah satu bahasa berasal dari Maluku Barat Daya. Tim penerjemahan bahasa Tela terdiri dari dua orang perempuan dan dua orang laki-laki, natara lain Ibu Kathy dan Pa Kerry Varcoe (dari Wycliffe Canada), Ibu Mimi Imlabla, Pa Aris Imbama.

Waktu yang ditempuh adalah empat hari perjalanan dari Tepa hingga tiba di Kota Ambon, kuranglebih selama seminggu proses perekaman di studio untuk 44 bahan cerita Alkitab dalam bahasa Tela. Cerita-cerita tersebut nantinya akan dipakai memperkaya ibadah-ibadah pada wadah organisasi: Pelayanan Laki-laki, Pelayanan Perempuan, Unit, Sektor dan juga dikumandangkan melalui Khotbah pada ibadah minggu. Sebagai Pimpinan di Jemaat Pdt. Vemmy Wattimury  sangat mendukung penuh inisiasi yang digagas oleh Wycliffe bekerja sama dengan GPM, Pdt Vemmy tidak sendirian bekerja dijemaat namun ia ditemani oleh seorang pendeta perempuan yang adalah istrinya sendiri sebagai pendeta jemaat Pdt. Itje Patty.

 

Keterangan Foto

  1. Capturing Proses rekaman cerita di studi wycliffe Ambon
  2. Acara Syukuran selesainya proses rekaman bahasa Tela yang dilangsungkan dalam ibadah buka usbu di Wycliffe
Penulis 
Pdt.Nadia.Manuputty,.MA

Editor 
Media Center GPM

 

28,439 total views, 71 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *