Pilkada Serentak Benar-Benar Damai : Bukti Warga Komitmen Perkuat Perdamaian

Number of View: 0

[Ambon, sinodegpm.org] – MPH Sinode GPM menyampaikan terima kasih kepada semua warga masyarakat di MTB, Buru, SBB, Maluku Tengah, Kota Ambon dan Kabupaten-kabupaten di Maluku Utara yang hari ini (15/2) telah menjalankan hak demokrasi melalui pemilihan kepala daerah di Kabupaten/Kota secara aman, damai dan penuh persaudaraan.

Kami yakin warga semakin matang untuk memahami bahwa perdamaian tidak boleh dicederai oleh apa pun. Politik dan demokrasi harus benar-benar menjadi alat dan wahana pencerdasan warga bahwa melaluinya pembangunan kemaslahatan rakyat harus jadi prioritas.

Untuk itu terima kasih dan kami bersyukur untuk TUHAN atas situasi penuh damai dan persaudaraan ini. Demikian disampaikan Sekretaris Umum MPH Sinode GPM, Pdt. E.T. Maspaitella, terkait suasana Pilkada serentak di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Sebab itu, lanjutnya, kami berharap para pendukung setiap paslon untuk tidak mengumbar euphoria yang berlebihan, sebab lebih penting adalah mendoakan agar calon yang berhasil mendapati mayoritas suara rakyat itu, dapat menjalankan tugas dan memenuhi janji-janji kampanye sesuai Visi Misi mereka secara sungguh-sungguh.

 

TENTANG HASIL PILKADA

Menurut Maspaitella, penghitungan cepat yang sekarang dirilis berbagai media dan lembaga survey merupakan bagian dari proses edukasi politik warga. Melaluinya kita harus dapat dengan dewasa melihat bahwa warga semakin cerdas mengelolah hak mereka.

Kita berharap, dalam masa ini sampai dengan Penetapan KPUD, hasilnya bisa dikawal dengan baik sebab itu adalah suara rakyat yang perlu dilindungi.

 

HARAPAN KE DEPAN

Menurut Maspaitella, bukan soal siapa yang menang dan kalah. Dalam terminologi demokrasi, istilah yang tepat ialah peraih suara terbanyak pertama dan peraih suara kedua, ketiga atau keempat. Sebab kontestasi demokrasi bukan bentuk rivalitas tetapi bentuk dialektika yang unik.

Dialektika itu menghasilkan pemerintah baru yang harus melayani semua warga secara sama, adil dan jujur. Bukan mengabdi bagi kelompok atau para pemilihnya saja.

Setelah pemilihan, warga adalah warga. Dan mereka tetap adalah seluruh rakyat yang berhak atas hak demokrasi yakni pelayanan publik yang setara oleh pemerintahnya.

Karena itu kepada calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon, juga Bupati dan Wakil Bupati MTB, Buru, SBB dan Malteng yang mendapatkan suara terbanyak, kami ucapkan selamat melayani.

Atas nama GPM kami sampaikan terima kasih kepada semua rakyat di lima Kabupaten/Kota yang telah menjaga situasi aman dan damai dalam masa Pilkada ini. Juga untuk KPUD, Panwas, Bawaslu, PPK, KPPS, dan semua Tim Sukses untuk proses pencerdasan politik yang sudah dilakoni; pungkas Maspaitella.

3,299 total views, 2 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

2 thoughts on “Pilkada Serentak Benar-Benar Damai : Bukti Warga Komitmen Perkuat Perdamaian

  • 09/09/2018 at 7:59 am
    Permalink

    Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Your email address will not be published.