Home / GPM Terkini / Pelatihan Assesor Internal YPPK Dr J B Sitanala

Pelatihan Assesor Internal YPPK Dr J B Sitanala

Number of View: 0
[Ambon, sinodegpm.org] Pelaksanaan Akreditasi bagi Sekolah/Madrasah negeri atau Swasta merupakan suatu kegiatan untuk menilai kelayakan sebuah sekolah oleh Badan akreditasi Provinsi (BAP) berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh badan Akreditasi Nasional (BAN).

Untuk itu dalam pelaksanaan akreditasi diperlukan asesor yang memiliki sikap serta kepribadian yang baik. Sekaligus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan perangkat atau instrumen akreditasi, sekaligus yang meliputi penskoran dan pemeringkatan hasil akreditasi.

Mengawali “Pelatihan Asesor Internal” Yayasan Pembinaan Pendidikan Kristen Dr.J.B.Sitanala (YPPK) diawali dengan ibadah  yang berpedoman pada  Yakobus 3:1-2.

Guru dalam ayat ini lebih kepada pelayan firman atau pengkhotbah dalam ibadah-ibadah. Namun ayat ini dapat menjadi peringatan bagi para guru karena masi sangat relevan untuk diterapkan, Ungkap Pdt.Ny.O.Imkokmey mengawali khotbahnya.

Ada harapan dan keyakinan bahwa pelayananan Pendidikan kristen adalah sarana yang efektif untuk melayani Tuhan. Pendidikan Kristen (YPPK) menjadi identitas Kristiani. Melalui kegiatan ini Assesor dipersiapkan sebaik-baiknya agar menjadi tenaga yang memiliki kompetensi, Urai Pdt.Ny.O.Imkokmey yang menyelesaikan studi magisternya di bidang psikologi UKSW.

Kita memulai dengan satu program strategis yang dibutuhkan untuk pengembangan kualitas. Kita berharap melalui pelatihan assesor internal paling tidak dengannya kita dapat mempersiapkan sekolah-sekolah untuk mempersiapkan akreditasi. Saya percaya dengan kehadiran nara sumber kita yang adalah komponem dari yayasan ini dengan kapasitas mereka, maka kita dapatkan hasil maksimal serta nilai tambah yang diberikan kepada cabang-cabang untuk menyiapkan sekolah YPPK dalam merencanakan akreditasi. Akreditasi menjadi indikator terukur yang dapat memberikan nilai tambah supaya kita dapat menjadi sekolah yang baik atau faforit, kita belajar dari semua Sekolah YPPK  di Tual dengan akreditasi A, Tutur Pdt.J.Noya yang adalah ketua yayasan saat memberikan sekapur sirih.

Ada hal yang penting, mengapa GPM selalu mendorong partisipasi dibidang pendidikan,  apa yang ingin dicapai?  Partisipasi ini merupakan bentuk pemberitaan injil, pemberitaan injil tidak sebatas pemberitaan konvesional namun menghadirkan tanda kerajaan Allah yang membebaskan manusia dari kebodohan, penindasan dan kekerasan. Saya berharap dalam proses saat ini kita dapat merumuskan harapan-harapan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pendidikan Nasional. Duah hal penting yang harus diperhatikan yakni, pembebasan manusia dari kebodohan serta mewujudkan manusia Indonesia yang beriman dan berakhlak mulia, Tutur Ketua Sinode GPM Pdt.A.J.S.Werinussa mengawali arahannya.

Kita ingin mewujudkan sekolah Kristen yang berkarakter kristiani tidak hanya menyiapkan manusia dengan kematangan intelekual saja. Membentuk karakter adalah penting, Ketua Sinode juga mengajak kita menggunakan karakter gembala, menjadikan citra gembala sebagai karakter pendidik. Karena karakter gembala dapat mengembalakan para siswa-siswi. Jika siswanya bandel maka siswa tersebut harus dicari dan digembalakan bukan dibiarkan. 

Ketua Sinode menegaskan bahwa memupuk kematangan spiritual dan kematangan sosial harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini hingga naluri mereka adalah naluri meneladani yang positif. Menanamkan budi pekerti kristiani yang melayani, ini hanya dapat dilakukan oleh gembala yakni para guru yang berkarakter gembala. Dengan demikian kita telah menghadirkan peradaban kristiani bagi dunia pendidikan, melahirkan peradaban kristiani yang dilahirkan Kristus untuk kita warisi.

Pelatihan asesor internal diselenggarakan di kantor Sinode GPM 01/25/17 yang dihadiri oleh tiga puluh (30) cabang. Pengurus Pusat YPPK menggelar kegiatan ini dengan dasar tujuan ;

  1. Memiliki pengetahuan serta sikap dan terampil sebagai seorang asesor dalam melaksanakan akreditasi atau pendampingan bagi sekolah YPPK Dr.J.B.Sitanala yang oleh BAP ditetapkan sebagai sekolah calon untuk di akreditasi di 30 cabang YPPK.
  2. Memahami mekanisme dan perangkat akreditasi sekolah secara komperhensif.
  3. Dapat mengelola data hasil akreditasi sekaligus dapat menyusun laporan.

Pengurus pusat YPPK menghadrikan para fasilitator dari BAP seperti, Drs.Y.Y.Limba Ketua BAP, Prof.Dr.T.G.Ratumanan,M.Si Anggota, Drs.D.Siahaya Anggota, Bpk Teo Latumahina Anggota dan Drs.M.Nuruwe Anggota. Ada lima poin penting yang akan disampaikan para fasilitator anatara lain ;

  1. Peran akreditasi dalam penjamin mutu
  2. Pedoman Akreditasi
  3. Mekanisme dan Pos Akreditasi
  4. Perangkat akreditasi
  5. Uji coba visitasi ke sekolah

Kehadiran tenaga profesional yang akan memberikan pelatihan selama kurang lebih tiga hari diharapkan dapat memberikan kontribusi atau capaian bagi jumlah tenaga asesor pada YPPK Dr.J.B.Sitanala baik ditingkat pusat maupun di tiga puluh cabang dan yang kesemuanya memiliki kemampuan dan keterampilan untuk melaksanakan visitasi atau kunjungan di sekolah YPPK Dr.J.B.Sitanala secara baik dalam rangka akreditasi di internal sekolah-sekolah.

 

4,568 total views, 2 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Sagu Makanan Sehat Melahirkan Solidaritas Bernilai Ekonomi

Number of View: 0[Ambon, sinodegpm.org] – Pelatihan Pengolahan Makanan dan jajanan dari bahan dasar Sagu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.