Home / GPM Terkini / Sekum MPH Sinode GPM : Adventus, Masa Pembinaan Kesadaran Ber Sosial Media

Sekum MPH Sinode GPM : Adventus, Masa Pembinaan Kesadaran Ber Sosial Media

Number of View: 0

k_g_bethesda

[Ambon, sinodegpm.org ] – Media Sosial kini telah menjadi trend bagi kawula muda diantaranya adalah warga Gereja Protestan Maluku menjadi bagian dari kelompok anak muda atau generasi Digital Native. Sebagai Gereja kita turut mensuport setiap perubahan untuk kemajuan sumber daya manusia, salah satunya adalah Teknologi Informasi. Tak bisa dipungkiri bahwa sekarang adalah Era Digital dimana semua sendi-sendi aktifitas digerayangi ataupun disusupi pengetahuan teknis berteknologi dan mereka Generasi Digital Native Mengalaminya secara langsung, Sudahkah kita mempersiapkan mereka ?

Sebagai Gereja yakni para pelayan khusus, wadah organisasi juga para pengasuh, tugas kita salah satunya adalah mengenal kebutuhan atau identitas Generasi Muda saat ini (Generasi Digital Native) melayani dan mengarahkan mereka  merupakan tugas kita bersama, tugas ini bukan saja menjadi tugas pemerintah atau pendidikan Formal. Arus kecepatan informasi yang dikonsumsi begitu cepat serta perubahan perilaku serta cara berpikir regenerasi harus diarahkan oleh generasi sebelumnya generasi imigrant digital.

digital_native

Kasus di Facebook beberapa waktu  lalu menyangkut status Facebook salah seorang anak muda berusia 19 tahun di Kota Ambon yang sempat ditahan oleh aparat kepolisian, ia menulis di akun Facebooknya dengan kata-kata yang sarat sekali dengan penyebaran kebencian terhadap salah satu agama, ia bahkan menuliskannya dengan begitu vulgar. Status tersebut menyita banyak perhatian Netizen (Masyarakat Internet) dan mereka memberikan respon melalui komentar-komentar yang berisikan kebencian terhadap tindakannya, Hal ini telah terjadi, mari kita berbenah dan memberikan perhatian kepada anak-anak muda kita.

27 September 2016 merupakan Adventus pertama yang akan kita masuki, 23/11/16 Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode GPM melakukan kunjungan Adventus – Natal bersama Klasis Pulau Ambon di Gedung Gereja Bethesda Air Salobar. Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh MPK Klasis Pulau Ambon, para Ketua Majelis jemaat, dan pendeta jemaat Se-Klasis Pulau Ambon. Dalam pertemuan tersebut MPH Sinode GPM menyampaikan hasil-hasil keputusan MPL Ke 38 di Buru Utara serta seruan-seruan menyongsong masa-masa adventus serta penantian Natal dan perayaannya.

Sekretaris Umum MPH Sinode GPM memberikan penjelasan tentang, Masalah Facebook yang dilakukan oleh salah seorang anak muda berusia 19 tahun di Kota Ambon, saya sudah menghubungi (melakukan komunikasi) dengan saudara muslim terkait masalah tersebut. Masalah ini menjadi catatan kita bersama untuk membina kesadaran penggunaan Media Sosial (Medsos) bagi generasi muda. Itulah sebabnya kesadaran penggunaan Medsos harus diserukan, mereka generasi muda terpengaruh dengan peran Sosial di Medsos yang terjadi secara Nasional ataupun secara Global. Sebagai Gereja kita bisa mengambil waktu dalam masa adventus untuk membina remaja kita agar mereka memiliki kesadaran dalam mengggunakan Medsos, Ucap Maspaitella Menegaskan.

screen-shot-2016-11-24-at-12-03-33-pm

Apa itu Generasi Digital Native ? mari bersama mengenal Generasi ini;

Mereka adalah generasi digital native mereka cenderung terbuka, berbicara apa adanya (apa yang ingin dikatakan ya dia katakan), mereka menerima hal-hal baru. Jika mereka tertarik terhadap satu hal atau satu perubahan mereka akan mengatakan menyukainya begitupun sebaliknya. Generasi Digital Native tidak merasa bermasalah untuk “memperlihatkan” apa yang disebut oleh generasi digital imigrant sebagai privasi.

Memperlihatkan privasi secara berlebihan apa maksudnya ? artinya generasi ini lebih suka memperlihatkan atau mempertontonkan kehidupan pribadi mereka melalui status Facebook, Twitter, Instagram, Path dan media sosial lainnya. Misalnya jika mereka sedang berada di Mall bersama teman-teman, sedih sekali karena tahun ini nilai menurun, atau lagi galau nih karena baru diputusin pacar. generasi Digital Native adalah Generasi yang menuntut kebebasan setinggi-tingginya mereka tidak suka untuk diatur atau di kekang. Namun Generasi ini adalah generasi yang kreatif, aktif dan memiliki keliaran berpikir yang sulit sekali dikendalikan, kecepatan mereka seperti kecepatan internet, mereka suka perubahan sesuai dunia mereka dan mereka turut membuat perubahan-perubahan pada lingkungannya. Seperti membuat Video pendek, mendesain headline yang begitu kreatif, membuat musik-musik berbasis komputer (studionya di rumah dan perangkatnya adalah komputer).

screen-shot-2016-11-24-at-12-05-24-pm

Sebagai Gereja Protestan Maluku kita juga harus mengathui bahwa, generasi ini memilih dan memilah untuk membuka halaman website, jika mereka tidak suka, maka langsung menutupnya biasanya mereka mengutamakan tampilan yang interaktif terlebih dahulu. Dalam mengatur pertemanan di Sosial Media mereka juga sangat selektif untuk menerima bahkan menolak. Tetapi Generasi ini jika mereka menyukai atau bahkan tertarik pada satu perubahan baru maka mereka akan bela-belain mendukung sepenuh hati bahkan sekuat-kuatnya, ya mereka fanatik. Namun perlu diketahui Gerakan-Gerakan sosial tentang perdamaian, ligkungan hidup dan sejenisnya menerima sukses juga karena Generasi ini.

Generasi Layar kaca memiliki selera belajar yang berbeda dengan Generasi Imigrant digital, mereka agak sulit membaca text book, mereka lebih tertarik memilih membaca yang ringan tapi bermutu atau menantang dan cenderung membangun hubungan khusus bersama “Google” serta mencari lembar-lembar pengetahuan pada mesin pencari.

4,241 total views, 0 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

Pengumuman Lulus Seleksi Tahap I Calon Vikaris GPM Tahun 2017

Number of View: 0Berasal Dari : Tim Penerima Vikaris GPM 2017 Kepada : Pelamar Vikaris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.