Home / Berita Lokal / Smart Power Pangdam XVI Pattimura

Smart Power Pangdam XVI Pattimura

Number of View: 0

Ambon, sinodegpm.org – Pangdam XVI/Pattimura mengintroduksi serta menerapkan suatu konsep ketentaraan yang briliant. Konsep yang menurutnya “memaksa” ia harus belajar antropologi masyarakat di Maluku dan Maluku Utara.

dsc_0558

Ternyata, bukan hanya dengan program Emas Hijau (perkebunan) tetapi juga Emas Biru (perikanan dan kelautan). Ribuan anakan pohon keras dan pohon buah sudah ditanami. Ratusan kerambah juga sudah dibagikan kepada masyarakat; malah “bubu” ~sebagai peralatan tangkap ikan tradisional yang ramah lingkungan laut dipilih sebagai upaya melestarikan alam bawa laut.

Pada sisi sosio-antropologis, ia menerapkan konsep SMART POWER, yakni menggunakan senjata sosial yaitu kearifan lokal, misalnya melalui ritus adat, tarian tradisi, dan pranata sosial yang kaya, guna merajut perdamaian dan persaudaraan.

Ini adalah sebuah konsep ketentaraan yang sangat humanis, tidak melalui parade pasukan yang banyak yang sering dinilai sebagai bagian dari konstruksi dan sarat nilai politik.

Menurut Maspaitella, ketika Pangdam VII/Wirabuana mengumumkan datangnya 500 personil dari Kodam VII dengan alasan “ada potensi dendam konflik sosial 1999”, maka memang patut dipertanyakan relevansinya dengan usaha semua elemen dan masyarakat di Maluku untuk merawat perdamaian.

Orang Maluku harus dibebaskan dari trauma mendalam. Itu memerlukan langkah pemberdayaan bukan parade pasukan militer atas nama “satgas” atau “rotasi rutin”.

Satuan organik di Maluku harus diberdayakan. Selain itu di berbagai pulau, kearifan budaya bisa meredam potensi konflik. Di pulau-pulau itu tidak ada kelompok radikalis. Jadi butuh juga regulasi kependudukan yang mencegah masuknya kaum radikal dari luar negeri raja-raja.

MALUKU DAMAI
MALUKU UTARA DAMAI
INDONESIA HARUS LEBIH DAMAI

Penulis : Pdt.E.T.Maspaitella,.M.Si

1,070 total views, 1 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.