Katitat Natat

Number of View: 0

Buru menyimpan banyak filsafat adat. Norma-norma kehidupan yang luhur tidak akan habis digali di sini. Nilai-nalai yang utama akan terus menjadi pandangan hidup yang jika dipahami dengan hati yang jujur maka harmoni kehidupan akan menjadi semakin serasi.

Hari itu (3/11) saya menimba satu pelajaran hidup dari Tete Roby Wamese (90-an) dan Tete Johan Tasidjawa (80-an).

Saya bertanya mengapa kita harus menjemput tamu di gapura masuk ke kampung (Waenibe). Tete Roby dengan ringkas berkata: “katita natat”. Dengan nada yang pasti ia menjelaskan, itu artinya “jalan maso ke kintal”. Artinya di sini kita menyambut tamu, atau orang dari luar sebelum mereka masuk ke dalam kampung.

Sebelum disambut, mereka adalah orang asing. Tanda mereka diterima menjadi bagian dari masyarakat adat ialah dengan mengenakan “palilis”. Palilis adalah lestari/ifutin yang dikhususkan kepada orang-orang dari luar kampung. Dengan tanda itu mereka bukan sekedar dipersilahkan masuk tetapi diterima sebagai bagian dari “orang adat”.

Katita natat juga biasa menjadi bagian dari ritus perkawinan; terutama cara masyarakat adat menerima seorang anak gadis yang dinikahi anak laki-laki Buru. Ia diterima dengan memberi kepadanya gelang atau bunga rambut. Dengan tanda itu ia diterima masuk ke dalam satu marga, sebagai anak pada marga itu.

Dengan demikian, katita natat merupakan jalan masuk ke dalam hati dan hidup “orang Buru”. Tanda mereka menerima sekaligus membangun rasa percaya untuk menjadi satu kesatuan sosio-genealogis.

Katita natat, jalan masuk ke hidup damai dan saling menghormati.

Oras gosat! (Masih mengenai Buru, untuk menjadi renungan mereka yang sedang lakukan Kongres Kebudayaan Maluku II di Fuka Bipolo)

Tulisan : Pdt.E.T.Maspaitella,.M.Si

Jabatan : Sekum MPH Sinode GPM

30,463 total views, 1 views today

Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

106 thoughts on “Katitat Natat

Leave a Reply

Your email address will not be published.