Pembekalan Calon Vikaris

Jumaat 30 Agustus 2013, di Gedung Serbaguna Jemaat GPM Sinar berlangsung pembekalan hari pertama kepada para calon vikaris GPM. Kegiatan ini dimoderasi oleh Pdt.S.Suratratan, S.Th, yang berturut-turut mendampingi para pemateri. Tiga materi yang disampaikan pada hari pertama ini adalah Pengenalan Konteks umum GPM  oleh Pdt.Dr.E.Mailoa/Marantika, Administrasi Umum GPM oleh Pdt.V.Untailawan,M.Th, dan Pola Organisasi dan Uraian Tugas yang disampaikan oleh Pdt. N.P.Taberima, S.Th.

Pembekalan kepada calon vikaris juga berlangsung di dua tempat berbeda, yaitu di Gedung Gereja Jemaat GPM Bethel dan Aula Kantor Sinode GPM.

Pdt.DR.E.Mailoa/Marantika

Foto MIM (Pdt.DR.E.Mailoa/Marantika)

Dalam penyampaian materi di Gedung serbaguna Jemaat GPM Sinar, Pdt.DR.E.Mailoa/Marantika menyampaikan bahwa, “GPM dari sisi kelembagaan, menetapkan aturan untuk menopang Pola pelayanan. Kita punya PIP RIP dan Renstra untuk menjawab tantangan internal, menyikapi tantangan pelayanan dengan wilayah geografis yang sangat menantang”.

Pada kesempatan itu beliau juga mengajak para calon vikaris untuk mulai terbiasa membangun pembicaraan tentang persoalan jemaat sebagai juga persoalan masyarakat sebab banyak kali persoalan jemaat hanya dipahami sebagai persoalan jemaat semata.

Dalam materi  kedua tentang Administrasi Umum GPM yang disampaikan oleh

Foto MIM (Pdt.V.Untailawan,M.Th)

Foto MIM (Pdt.V.Untailawan,M.Th)

Pdt.V.Untailawan,M.Th, para calon vikaris diperkenalkan dengan sistem administrasi yang berlaku di GPM mulai dari surat menyurat baik di tingkat sinode, klasis, maupun jemaat sampai pada pengarsipan yang menjadi hal penting dalam pekerjaan pelayanan GPM.

Dalam penyampaian materi ke tiga tentang Pola Organisasi dan Uraian Tugas, Pdt. N.P.Taberima, S.Th, mengharuskan para calon vikaris agar menguasai aturan.  “Mau jadi pelayan (Pendeta) harus mampu menguasai aturan GPM. Jadi pemimpin harus menjadi pemimpin yang mampu mendorong, mampu membuat orang-orang yang dipimpinnya menjadi handal ke depannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>