Home / Dokumen / Rapat Konsultasi Gereja Protestan Maluku

Rapat Konsultasi Gereja Protestan Maluku

Number of View: 0

Ambon – SinodeGPM.ORG – Bertempat di Kantor Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) berlangsulah Rapat Konsultasi Gereja Protestan Maluku yang berlangsung sejak 22-26 Agustus 2016. Berikut adalah Pidato Ketua Sinode GPM mengawali rapat Konsultasi GPM.

Penyelenggaraan pelayanan GPM sepanjang tahun sudah tentu melibatkan beragam tindakan kepemimpinan pada semua jenjang terkait dengan pemberdayaan umat, pelayan dan kelembagaan. Tindakan kepemimpinan pada semua jenjang terkait pemberdayaan umat, pelayan dan kelembagaan. Tindakan kepemimpinan mana perlu diletakan pada prinsip-prinsip pelayanan GPM, sesuai dengan asas Presbiterial Sinodal yang dianutnya. Salah satu aspek penting dari asas Presbiterial Sinodal adalah penyelenggaraan kepemimpinan dengan berbasis model kolegia, sebagaimana digariskan dalam Tata Gereja GPM Bab IX Pasal 21. Kepemimpinan Kolegial sebagaimana dipahami, melakukan tindakan kepemimpinan melalui keputusan-keputusan yang mengatur sekaligus memberi panduan kepada kerja kepemimpinan tersebut. atas dasar itu, diperlukan adanya konsultasi terpadu antara semua jenjang kepemimpinan agar penyelenggaraan kepemimpinan searah dengan prinsip gereja yang dipegang. Konsultasi terpadu tersebut oleh MPH Sinode GPM dilakukan melalui Rapat Konsultasi kepemimpinan pelayanan yang diselenggarakan tepat pada peralihan semester tahun berjalan.

Rapat Konsultasi hendak mengkonsultasikan beragam tindakan kepemimpinan MPH yang terlahir dalam bentuk keputusan-keputusan yang berpedoman pada ketentuan GPM untuk memberi arah bagi jenjang kepemimpinan Klasis dan Jemaat menterjemahkannya secara berkelanjutan. Selain itu, Rapat Konsultasi menerima dan mendudukan beragam kerja kepemimpinan Klasis dan Jemaat dalam perspektif GPM sesuai dengan asas Presbiterial Sinodal yang diantutnya. Sebagaimana diketahui, rapat konsultasi tidak menetapkan keputusan gerejawi, karena itu, hasil konsultasi memberi masukan untuk agenda Sidang MPL Sinode GPM, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan regulasi dan kebijakan terbaru untuk menterjemahkan arah penyelenggaraan PIP dan RIPP GPM.

image

Rapat Konsultasi, mengkonsultasikan juga kerja sama MPH dan MPK serta implementasinya di jemaat-jemaat terkait dengan penyelenggaraan tindakan kepemimpinan MPH dan MPK yang digariskan oleh Peraturan GPM. Salah satunya adalah pengaturan mutasi sesuai Peraturan Organik GPM tentang Mutasi GPM. Tujuannya agar kerja sama MPH dan MPK diletakan secara proposional agar mampu menjembatani penetapan kebijakan mutasi dan penyelenggaraannya di Klasis-klasis. Selain mutasi, penyelenggaraan kepemimpinan MPH terkait dengan pengelolaan keuangan GPM juga perlu dikonsultasikan untuk menemukan strategi penanganan terbaru sesuai dengan ketentuan pengelolaan keuangan yang berbasiskan pertimbanngan keuangan proposional (sentralisasi) 30% untuk dana pengembangan hakekat ber-GPM dan 70% untuk pemberdayaan umat. Rasionalisasi program terkait dengan sistem ini perlu dibedakan antara proogram strategis dan program implementatif. Strategis dibiayai dengan dana 30% dan dana implementatif didanai oleh 70%. Atas dasar itu, kedudukan Badan-badan jenjang Sinode perlu diatur fungsinya sebagai konsultan program dalam rangka mempertegas visi sentral GPM dan mekanisme serta model implementasinya. Masih denagn keuangan, terkait juga dengan kerja pengawasan dan pengendalian secara berjenjang. Kedudukan Tim Verifikasi Klasis dan Jemaat terkait dengan kedudukan Tim Verifikasi sinode. MPH merencanakan untuk MPL Buru Utara akan menetapkan pengaturan Pengawasan GPM untuk menjadi panduan organik bagi kerja pengawasan di semua jenjang.

Salah satu mekanisme kerja kepemimpinan MPH yang diharapkan menjadi pola kerja semua jenjang adalah Kepemimpinan Penggembalaan dan Gereja Orang Basudara. Kepemimpinan Penggembalaan merupakan model kepemimpinan arahan Tata Gereja yang mencerminkan prinsip teologi sekaligus eklesiologi GPM terkait dengan penyelenggaraan kepemimpinannya yang Presbiterial Sinodal. Pola kepemimpinan penggembalaan memiliki ciri kerja menuntun dari setiap tindakan kepemimpinan.

Sementara, Gereja Orang Basudara, merupakan modifikasi eklesiologi GPM yang lahir karena kontekstualisasi berbasis nilai budaya dan adat istiadat orang Maluku. Gereja orang basudara diharapkan menciptakan pola bergereja yang khas dari GPM. Eklesiologi gereja orang basudara mengedepankan peragaan kepemimpinan pelayanan yang ramah dengan komunitas yang lain.

Konkritnya Rapat Konsultasi, berusaha memastikan terciptanya kerja kepemimpinan GPM yang searah dan berkelanjutan sesuai dengan Prinsip gereja yang terjabar dalam Tata Gereja dan Peraturan-peraturan GPM. Dalam kaitan itu, beberapa agenda yang akan dikonsultasikan melalui rapat konsultasi ini melalui mekanisme POKJA untuk menjadi agenda MPL 2016 adalah:

Searah dengan tekanan pelayanan pada pemberdayaan, dipandang perlu mekanisme MPL dalam bentuk mekanisme rapat perlu diperbarui dengan adanya mekanisme pemberdayaan. Bentuknya adalah MPL mengedepankan dua bentuk kegiatan yaitu kegiatan rapat dan kegiatan pemberdayaan kepada Klasis tuan rumah. Pemberdayaan dalam bentuk pelayanan kesehatan, penyuluhan dan penataran terkait dengan pengembangan pengetahuan dan ketrampilan bagi perangkat pelayan.

Agenda MPL terdiri dari: Pembahasan Laporan pelayanan dan keuangan MPH Sinode, Program dan Anggaran 2017, Rekomendasi-rekomendasi, beberapa Peraturan Organik (Peraturan Tata Cara Penggembalaan, Peraturan Pengawasan dan Pengendalian, Tata Tertib Persidangan MPL, Klasis dan Jemaat, Sistem penganggaran GPM tahun 2017, Sistem pengadaan dan pembangunan fisik GPM).

Agenda lain yang dipandang perlu seperti usulan penataan Kantor Sinode sebagai sumber informasi tentang kekayaan sumber daya Klasis-klasis

Demikian Kedudukan dan Fungsi Rapat Konsultasi GPM**

 

4,809 total views, 1 views today

About Media Center Gereja Protestan Maluku

Media Center GPM Merupakan Sarana Mengkomunikasikan Informasi Tentang Gereja Protestan Maluku Yang Tersebar di Maluku dan Maluku Utara, Bersifat Informatif, Serta Memberikan Pelayanan Pada Publik. Dapat Menghubungi Kami, Mengirim Informasi (berita) Melalui Email : mediacenter.gpm@gmail.com

Check Also

JEJAK PELAYANAN FILUSUF DAN ETIKUS Pdt. (em) Dr. Henny Lourens Sapulete

Number of View: 0Filsafat telah membuka cakrawala kita untuk memahami bahwa keabadian itu ada, dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *